Britania Raya

Jumat, 28 April 2011,
Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton tidak hanya menjadi milik publik Inggris semata. Jutaan pasang mata manusia di seluruh dunia akan menyaksikannya ...
Orang-orang lalu mulai bertanya , siapa dan mengapa pernikahaan ini begitu menarik perhatian orang banyak….. berbedah dengan pernikahan pangeran-pangeran dari kerajaan laen…. Apa istimewahx kerajaan ini…
Yuk simak penelusuranx….



Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (bahasa Inggris: United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau disingkat UK) atau umumnya dikenal sebagai Britania Raya, Kerajaan Serikat, Inggris, Inggris Raya, atau Pulau Britania Raya (yang merupakan sebuah pulau dan negara Inggris merupakan bagian daripadanya) adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Utara di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik. Negara ini sebelum Irlandia Utara bergabung bernama Kerajaan Britania Raya.

Sejarah
Kerajaan Britania Raya didirikan pada 1 Mei 1707 oleh politik serikat kerajaan Inggris dan kerajaan Skotlandia. Peristiwa ini adalah hasil dari perjanjian yang dikenal dengan sebutan The Treaty of Union (Pakta Perserikatan) yang disetujui pada 22 Juli 1706, dan lalu diratifikasi oleh Parlemen Inggris dan Parlemen Skotlandia lewat UU Perserikatan pada 1707.
Setelah hampir setengah abad kemudian, Kerajaan Irlandia ikut bersatu dengan Kerajaan Britania Raya untuk membentuk Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Serikat lewat UU Perserikatan yang disusun pada 1800. Dengan begini, Inggris menjadi perserikatan kerajaan-kerajaan, yaitu; kerajaan Inggris, kerajaan Irlandia dan kerajaan Skotlandia.
Britania Raya pada masa kini merupakan kesatuan beberapa negeri semenjak 840 tahun lalu. Skotlandia dan Inggris pernah menjadi dua entitas politik yang berbeda sejak abad ke-9. Wales pula dikuasai raja-raja Inggris sejak 1284 dan dijadikan bagian kerajaan Inggris melalui Akta Undang-undang di Wales 1535.

Geografi
Britania Raya yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris Great Britain bisa dikatakan merupakan negara federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales bersama-sama dengan Irlandia Utara. Keempat negara bagian ini membentuk negara yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (secara harfiah dalam bahasa Indonesia: "Kerajaan Serikat Britania Raya dan Irlandia Utara"). Dari keempat negara bagian ini, Inggrislah yang paling penting sehingga di Indonesia negara ini disebut dengan nama ini meskipun ini hanyalah sebagian saja. Selain keempat negara bagian ini, Britania Raya juga memuat Pulau Man, Kepulauan Channel seperti Guernsey, Jersey, Alderney dan Sark. Daerah-daerah ini secara pemerintahan bukan bagian dari Britania Raya tetapi mungkin lebih tepat disebut sebagai jajahan meskipun jaraknya sungguh dekat.
Sebagian besar Inggris terdiri dari dataran rendah. Kota besar termasuk London, Birmingham, Manchester, Leeds, Sheffield, Liverpool, Bristol, Nottingham, Leicester, dan Newcastle upon Tyne. Dekat Dover, Inggris, Terowongan Channel menghubungkan Britania Raya dengan Perancis. Tidak ada puncak melebihi 1000 m di Inggris.
Sebagian besar Wales bergunung-gunung, puncak tertingginya ialah Snowdon, pada 1.085 m dpl. Di utara daratan utama ialah pulau Anglesey. Kota terbesar dan ibukotanya ialah Cardiff, terletak di selatan Wales. Wilayah metropolitan lainnya termasuk Swansea, Newport, dan Wrexham.
Geografi Skotlandia bervariasi, dengan dataran rendah di selatan dan timur dan dataran tinggi di utara dan barat, termasuk Ben Nevis, pegunungan tertinggi di Britania Raya (1343 m). Banyak lengan lautan dalam, firth, dan loch yang dalam. Banyak pulau di utara dan barat Skotlandia yang termasuk, terutama Kepulauan Hebrida, Orkney dan Shetland, juga pulau kecil tak berpenghuni Rockall, meski pernyataan ini dipertentangkan. Kota-kota utama ialah Edinburgh, Glasgow, Aberdeen, dan Dundee.
Irlandia Utara, yang menyusun bagian timur laut Irlandia, paling berbukit. Kota-kota utamanya ialah Belfast dan Londonderry.
Keseluruhannya diperkirakan bahwa Britania Raya termasuk sekitar 1098 pulau kecil, sebagian alami dan sebagian crannog, sejenis pulau buatan yang dibangun di masa lalu menggunakan batu dan kayu, secara bertahap diperbesar dengan limbah alam yang menumpuk berwaktu-waktu.


Kenegaraan
• Kepala Negara: Raja atau Ratu.
• Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri.
• Sistem Pemerintahan : Demokrasi Parlementer, pemilu menurut sistem distrik.

Keluarga Kerajaan


• Raja/Ratu: Elizabeth II
Ratu secara resmi juga kepala negara beberapa Negara Persemakmuran seperti Kanada dan Australia.



• Suami Ratu: Pangeran Philip.
• Putra Mahkota: Pangeran Charles, lalu putra tertua, Pangeran William, kemudian Pangeran Harry.
• Putra-putri Elizabeth dan Philip lainnya: Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran Edward.
• Ibu Suri: (meninggal 30 Maret 2002) Elizabeth Bowes-Lyon

Pemerintahan
• Perdana Menteri: David Willian Donald Cameron
Parlemen Britania Raya adalah yang tertua di dunia dan terdiri dari dua kamar: House of Commons dan House of Lords.

Sumber. wikipedia.org

Postingan populer dari blog ini

Nama Panggilan Untuk Pacar Unik Tapi Mesra

Sebuah Kisah Nyata Tentang Perjuangan CINTA