Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Minggu, 08 Mei 2011

Inilah Stadion Terbesar di Dunia


Untuk semua pecinta bola tanah air tahukah Anda? Di mana letak stadion terbesar di dunia berada? Sekilas dengan mudah kita pastinya bakal langsung menengok ke arah Eropa, benua dengan kultur sepakbola-nya yang begitu mapan.
Stadion Terbesar di Dunia
Stadion Rungrado May Day
Ternyata tidak di Benua Biru letak stadion terbesar yang ada di muka bumi ini, melainkan di Asia. Di negara Korea Utara tepatnya, Stadion ini diberi nama Stadion Rungrado May Day.

Mencatatkan diri sebagai stadion terbesar yang ada di planet ini dengan kapasitasnya yang sanggup menampung 150.000 fans sepakbola, dengan jumlah tempat duduk yang sama pastinya. Dan kapasitas ini jauh meninggalkan dua stadion masyur lainnya semacam Nou Camp milik Barcelona (98.000) ataupun Real Madrid dengan Santiago Bernabeu (89.000).

Sepak Bola Korea Utara mungkin bisa dibilang baru unjuk gigi pada Piala Dunia 2010 tahun lalu, saat sanggup melaju ke putaran Final di Afrika Selatan. Namun untuk urusan sarana prasarana nampaknya mereka lebih maju dibanding beberapa negara lainnya.

Stadion Rungrado May Day dibuka sejak tahun 1989, menjadi salah satu ikon kebanggaan Korea Utara, terletak di Ibukota Korut, Pyongyang. Selain fungsi utamanya sebagai markas timnas sepak bola Korut, di dalamnya juga memiliki fasilitas olahraga lain seperti trek lari, kolam renang, sauna, serta kamar-kamar yang biasa dipergunakan oleh para atlet.

Meski teknologi yang ada tidak semodern beberapa stadion anyar dunia, namun fasilitas yang ada tetap bisa dibilang memenuhi standar kemewahan. Di antaranya memiliki 80 pintu, sepuluh lift, ruang rekreasi, dan restoran berkelas.

Terkadang stadion dengan luas tanah sekitar 207 ribu meter persegi ini juga bisa dipergunakan untuk acara kenegaraan Korea Utara. Stadion ini memiliki nama lain sebagai Stadion Kim Jong-Il, nama pemimpin nomor satu negara tersebut.

Bahkan kabarnya pemberian nama Stadion Kim Jong-Il juga berkaitan dengan sindrom 'Napoleon Kompleks" yang dimiliki sang pemimpin. Yaitu suatu kondisi psikologis yang terjadi di sekitar orang bertubuh pendek yang ingin menunjukan ketinggian eksistensi dengan cara ingin menguasai sesuatu dibanding orang yang berukuran normal.