Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Minggu, 25 Maret 2012

BELAJAR DARI KESALAHAN

Ada istilah mengatakan “Hanya Keledai yang jatuh pada lubang yang sama” dan ada yang berkata bahwa “Pengalaman adalah guru yang sangat baik”. Dua istilah itu memang tidak asing lagi di telinga kita karena pasti kita pernah mendengarnya. Kenapa kita harus belajar dari kesalahan dan pengalaman? Bagaimana caranya belajar dari kedua hal tersebut? Itulah yang perlu kita tuntaskan dan kita temukan! Indikasi kedua hal tersebut sungguh sangat berarti walaupun belajar itu tidak dari kedua hal tersebut saja, masih ada dengan cara mengikuti pelatihan, kursus dll. Tapi kita harus bisa belajar dari manapun dan dari apapun yang memberikan kita pelajaran yang berarti dan memberikan kita hal yang sangat membuat kita merasa menemukan hal yang berguna.

Hanya Keledai yang jatuh pada lubang yang sama

Istilah ini mungkin sedikit menyamakan kita dengan keledai, jika kita melakukan kesalahan yang sama. Kenapa harus keledai, seperti kita ketahui bahwa keledai itu memang banyak orang yang mengidentifikasikan bahwa seekor binatang yang BODOH, nah kalau kita melakukan kesalahan kedua kali atau lebih pada kesalahan yang sama apa kita tidak seperti itu? Jika kita tidak mau seperti itu maka jangan mengulangi kesalahan yang sama. Kesalahan yang kita telah lakukan hendaklah menjadikan modal kita untuk menjadi lebih baik lagi dan juga mampu membangkitkan kita untuk terus melakukan hal yang baik dan juga membuat kita semakin terasa menjadi kekuatan yang menopang akan kehidupan. Kesalahan pasti pernah kita lakukan akan tetapi apakah bisa kita mengambil hikmah atau manfaat atau juga pelajaran yang terkandung dari kesalahan itu. Jika kita bisa mengambil hal yang bermanfaat dan juga baik pasti kita akan berpikir untuk membuat lebih baik lagi dan berupaya senantiasa tidak mengulangi kesalahan tersebut dan menjadi keledai!

Adakalanya kesalahan itu kita perbuat tanpa kesadaran dan jauh dari akal sehat kita. Janganlah meremehkan kesalahan yang kecil maupun besar. Kesalahan yang kecil ditumpuk-tumpuk akan menjadi besar seperti Bola Salju. Kita sebagai makhluk yang diberikan akal dan pikiran sungguh tidak layak jika perbuatan kita sama seperti binatang yang tidak mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. Oleh karena itulah kita harus berupaya melakukan hal yang terbaik untuk mencapai hal yang baik pula. Belajar itu tidak hanya dari satu atau dua hal tapi bisa belajar dari banyak hal tergantung bagaimana kita mau dan mengidentifikasikan hal tersebut menjadi baik untuk kita. Bagaimana kita belajar dari kesalahan? Jawabannya adalah mengidentifikasikan dan juga mencari hal yang baik dan bermanfaat dari kesalahan yang kita perbuat sehingga tidak mengulanginya. Temukan hal positif dari setiap kesalahan yang kita perbuat dan juga berupaya menanamkan kaedah atau manfaat yang senantiasa bermanfaat khususnya untuk kita sendiri.

Pengalaman adalah guru yang sangat baik

Banyak orang yang sukses karena kaya akan pengalaman, coba kita lihat orang di sekitar kita yang mempunyai pengalaman yang sangat banyak, ibaratnya sudah banyak makan asam garam kehidupan. Apa hubungannya pengalaman dengan belajar, jawabannya ada hubungannya yaitu kita bisa mengetahui hal yang sangat berguna dan membuat itu berarti karna kita punya pengalaman dan pengalaman itulah yang mengajarkan kita untuk menjadi lebih lagi. Belajarlah dari pengalaman, mungkin kita pernah mendengarkan hal tersebut dan itu membuat kita berpikir akan hal tersebut. Guru yang baik adalah pengalaman yang mengajarkan kita menjadi lebih baik lagi dan terus berupaya membangun hal menjadi lebih sempurna walaupun kesempurnaan itu tidak bisa kita miliki.

Seorang karyawan atau atasan bisa melakukan pekerjaan yang bagus karena mereka tahu dan sudah berpengalaman tentunya pada pekerjaan yang dikuasainya. Itulah sedikit dari cerminan yang bisa diperlihatkan akan peran pengalaman dalam diri seseorang untuk membangun menjadi lebih baik dan senantiasa memperbaiki lagi dan tidak puas dengan satu pekerjaan.

Belajar dari kesalahan dan pengalaman merupakan hal yang positif untuk diri kita mencapai hal yang baik, sehingga bisa mengetahui apa-apa yang kita bisa ambil dan pelajari dari kesalahan tersebut.

Ketika melakukan suatu tindakan, ada kemungkinan akan membuat kesalahan. Belajarlah dari kesalahan tersebut. Langkah pertama yaitu akui kesalahan yang dilakukan, teliti dan pelajari secara mendalam mengapa melakukan kesalahan tersebut, lalu berpikirlah untuk mencari jalan keluar bagi kesalahan yang dilakukan.

Dengan mengenal apa yang salah, maka akan dibantu untuk menemukan apa yang benar. Bila membuat sebuah kesalahan, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengumpulkan kembali keping-keping yang terserak dan memperhatikan bagaimana hal itu bisa terjadi. Periksa dan pelajari kesalahan. Selanjutnya manfaatkanlah pengetahuan yang baru didapatkan dari kesalahan yang telah diperbuat untuk menjadikan pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Harini