5 Tips Untuk Membuat Pengunjung Lebih Lama di Blog Anda


Membuat blog untuk tetap t fresh dan terupdate serta memiliki tampilan yang membuat betah pengunjung memang pekerjaan yang cukup sulit dan menyita banyak waktu. Dengan semakin banyaknya blog-blog saat ini yang masing-masing bersaing untuk menarik perhatian pembacanya, maka blog anda harus tampil lebih beda dari segi desain maupun kontennta serta mampu memikat pengunjung. Saya ucapkan selamat jika anda sudah mencapai hal tersebut karena ini memang hal yang tidak mudah…sudah sangat banyak blogger yang membuat blog dengan target di atas namun pada akhirnya tidak konsisten dan ditinggal begitu saja…ujung-ujungnya blog seperti padang gersang karena tidak ada maintenance lagi.
Manfaatnya bukan saja memuaskan pembaca blog anda, namun juga berpengaruh terhadap otoritas blog di mesin pencari khususnya Google yang saat ini faktor bounce rate yaitu suatu ukuran seberapa lama pengunjung berada di blog anda. Semakin lama akan semakin baik karena itu artinya konten anda berkualitas, bermanfaat dan enak dibaca sehingga pembaca terus membaca seluruh artikel blog anda.
Berikut ini 5 tips sederhana untuk membuat pembaca blog anda betah berlama-lama menelusuri blog anda:
  • Internal Link Dalam Artikel
Jika anda menulis artikel dan memiliki keterkaitan dengan artikel lama lainnya, maka anda perlu melakukan internal link antara artikel tersebut. Ini akan memicu pembaca blog anda mengeksplorasi artikel lain yang berhubungan dengan yang dicarinya. Selain itu juga, internal link juga membuat artikel semakin berbobot.
  • Menampilan Link Artikel Terkait
Ketika pembaca selesai membaca artikel hingga bagian akhir, biasanya akan langsung beranjak pergi dari blog anda. Nah…untuk menarik pembaca untuk terus tetap membaca artikel lainnya, anda bisa menampilkan artikel terkait yang diletakkan setelah bagian akhir dari artikel. Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan plugin related post yang bisa anda cari di direktori plugin WordPress.
  • Posting Konten Video
Selain konten berupa teks, konten video akan lebih bagus dan membuat pembaca semakin lama di blog. Coba anda lihat situs sharing video seperti Youtube, Metacafe dan lainnya yang memiliki jutaan pengunjung perharinya. Itu menandakan konten video memang lebih diminati dibanding dengan konten artikel biasa. Contohnya jika anda memiliki situs lirik lagu,akan lebih bagus jika anda selalu menyertakan video klip dari lirik lagu tersebut. Kalaupun lagu tersebut belum memiliki video klip, anda masih bisa membuat video klip buatan sendiri yang di isi audio dari lagu dengan visual animasi yang cocok dengan lagunya.
  • Memberikan Saran
Anda bisa membuat suatu kesimpulan pada bagian akhir artikel yang memancing pengunjung untuk membaca artikel lainnya, memancing pengunjung memberikan opini dan pendapat melalui komentar atau menyampaikan suatu tawaran menarik yang akan anda berikan pada artikel selanjutnya sehingga pembaca anda ingin kembali lagi untuk menantikan tawaran anda pada artikel selanjutnya.
  • Memanfaatkan Widget Sidebar
Sidebar dalam sebuah blog bukan berarti ada tanpa manfaat, tapi sebenarnya manfaat besar jika anda kreatif dalam menggunakannya khususnya untuk membuat pembaca melakukan petualangan dalam blog. Anda bisa menempatkan widget polling, top komentator, random artikel, Facebook fan box dan lainnya yang akan membuat pembaca lebih berinteraksi dengan blog anda. Yang terpenting adalah kreatifitas anda dalam memanfaatkan widget sidebar ini.
Ingat, blog ibarat sebuah bayi. Bagi anda yang mencurahkan waktu dan energi untuk membuat konten bermutu, jelas disitu akan memberikan kebangaan serta manfaat bagi anda untuk saat ini atau nanti. Untuk bisnis maupun personal, anda perlu memberikan sesuatu yang lebih dari biasanya. Dengan menerapkan berbagai taktik, anda bisa membuat pembaca lebih betah berlama-lama di blog atau bahkan mungkin akan menambah pembaca blog. Baik, sudah saatnya anda menerapkannya karena anda membuat konten berkualitas yang menyita waktu dan energi tentu tidak ingin konten ini hanya terbuang sia-sia karena tidak ada yang membacanya kan?



Postingan populer dari blog ini

Nama Panggilan Untuk Pacar Unik Tapi Mesra

Sebuah Kisah Nyata Tentang Perjuangan CINTA