Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Selasa, 07 Agustus 2012

5 Pemanjat Top Dunia


 Panjat tebing (rock climbing) adalah olahraga yang sangat beragam dan menantangdengan teknik yang beragam juga mempunyai etika atau aturan yang disepakati oleh para pelaku hobi ini. Banyak media memberitakan para pemanjattop di dunia dengan penilaian tertentu.

Menurut beberapa responden yang dihimpun oleh redaksi, ada lima pemanjat yang menurut mereka layak dikatakan sebagai pemajat top dunia. Salah satu diantaranya adalah Chris Sharma. Orang mengenal Sharma adalah sebagai climber terbaik di Amerika Serikat, dia benar-benar hidup di bawah batu.

Dia tidak memiliki rumah,hidupnya hanya berkeliling dunia untuk mencari tempat-tempat terbaik untuk mendaki. Sharma telah melakukan pemanjatan terbaik di gunung dengan teknikpaling sulit dan berbahaya di dunia. Sharma menganggap mendaki adalah seperti sebuah tarian. Dalam film King Lines dia tidak takut jatuh saat dia mencoba gila-gilaan memanjat tebing yang sulit di Perancis.

Kemudian Dean Potteryang merupakanseorang free climbing. Dia telah melakukan pendakian sukses ke Patagonia dan Yosemite. Potter terkenal karena dia berani memanjat Arches Delicate di Utah dengan tanpa alat pengaman. Bahkan, alasan mengapa Taman Nasional Arches memberlakukan peraturan baru yang ketat melarang climbing di Arches juga karena Dean Potter.

Lalu Russell Brice. Brice adalah CEO Himalayan Experience, sebuah perusahaan panduan mendaki gunung (mountaineering). Brice adalah salah satu pendaki terbaik dan pendaki gunung di dunia dan ia telah mencapai puncak Mt. Everest dua kali. Dia juga telah mencapai puncak Cho Oyo dan Himal Chuli.

Selain itu ada Josune Bereziartu. Bereziartu mulai mendaki ketika ia berusia 17 tahun. Pendaki wanita ini berasal dari Basque, Spanyol. Bereziartu secara konsisten membuka batas-batas apa yang telah dicapai wanita dalam olahraga memanjat.

Terakhir Tommy Caldwell. Caldwell lahir pada tahun 1978. Dia sangat terampil dalam memanjat, disiplin. Pada bulan Mei, tahun 2004 ia menyelesaikan free climbing pertama Wall Dihedral. Dia juga pernah melakukan Free Climbing di Nose of El Capitan. Ia terkenal karena telah merintis beberapa rute yang paling sulit, seperti Barat Buttress, yang terletak di Yosemite Valley.

Tommy Caldwell, Beth Rodden, dan sesama pendaki John Dickey dan Jason Smith pernah disandera oleh pemberontak di Kirgistan pada tahun 2000.(berbagai sumber/dns)