Tipe-Tipe Penulis Mulai dari Penulis Status Hingga Penulis Profesional. Kamu Termasuk Tipe yang Mana Nih?

Sadarkah kamu kalau ternyata kebiasaan menulis kita bisa dikategorikan ke dalam beberapa tipe. Penasaran kamu masuk ke dalam tipe penulis mana?
Menulis merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi banyak orang. Seiring dengan berkembangnya media sosial dan beberapa portal berita yang menyediakan ruangan khusus untuk menulis, tanpa kita sadari kita telah menjadi penulis meski hanya berstatus amatir dan hanya dinikmati oleh beberapa orang terdekat. Tapi sadarkah kamu kalau ternyata kebiasaan menulis bisa dikategorikan ke dalam beberapa tipe. Penasaran kan kamu masuk ke dalam tipe penulis yang mana? Simak ulasannya berikut!

1. Penulis status

Si penulis status sering tidak menyadari bahwa dirinya memiliki keahlian menulis lewat caption-caption maupun status di media sosialnya. Meski menulis dengan jumlah karakter yang terbatas dan tidak terlalu panjang, si penulis status bisa memanfaatkan ruang yang tersedia untuk mengutarakan pemikirannya. Tidak heran jika si penulis status memiliki followers setia yang diam-diam menantikan tulisan si penulis melalui status dan caption media sosialnya.
Photo credit : partslopesoftwork

2. Penulis baperan

Ciri penulis baperan adalah sangat ahli memainkan perasaan pembacanya dengan menuliskan kata-kata yang bisa membuat baper seketika. Biasanya penulis-penulis jenis ini menuangkannya ke dalam cerita pendek, puisi, maupun caption-caption di media sosial. Tidak dipungkiri, penulis baperan juga sering menuliskan kisah pribadinya dalam karya-karyanya.
Photo credit : eHarmony

3. Penulis populer

Penulis populer adalah mereka yang menuliskan hal-hal yang bersifat populer, ringan, dan mengangkat tema-tema yang banyak disukai orang. Oleh karena itu, tulisan penulis populer sangat mudah diterima oleh masyarakat. Tidak heran jika ia akan cepat sekali mendapat tempat di hati pembacanya.
Photo credit : understood

4. Penulis idealis

Berbeda dengan penulis populer, penulis idealis mengangkat tema-tema yang kurang populer dan kurang akrab di telinga masyarakat, seperti mengenai gerakan bawah tanah, pandangan politik tertentu, dan topik-topik lainnya. Meski begitu, penulis idealis tetap menuliskan hal-hal yang dianggapnya menarik tersebut meski ia hanya memiliki sedikit pembaca militan yang menggandrungi tulisan-tulisannya.
Photo credit : biz

5. Penulis nyinyir

Kamu pernah menemukan penulis yang hobinya cuma mencela orang lain dan memunculkan topik-topik viral melalui tulisannya? Penulis tipe ini memang memiliki banyak pembaca atau pengikut, namun sebagian besar dari mereka lebih tertarik untuk mengikuti perang komentar antar penulis dan pembaca yang kurang setuju dibandingkan mengapresiasi tulisan dari si penulis nyinyir.
Photo credit : allstartoday

6. Penulis dan traveler

Beberapa tahun belakangan, tulisan berbentuk jurnal perjalanan sangat digemari masyarakat. Hal tersebut kemudian memunculkan penulis-penulis yang juga merupakan seorang traveler untuk menuliskan pengalaman perjalanan mereka ke dalam sebuah artikel maupun cerita fiksi. Agaknya jenis tulisan seperti ini masih akan nge-trend selama beberapa tahun ke depan mengingat antusiasme pembaca mengenai hal-hal berbau wisata yang masih besar. 
Photo credit : Shutterstock

7. Penulis profesional

Tidak dipungkiri lagi, penulis profesional seperti script writer, copywriter, ghostwriter, dan media writermerupakan orang-orang yang telah menjadikan aktivitas menulis sebagai jalan hidupnya. Mereka menulis untuk mendapatkan kesenangan dan keuntungan karena mereka hidup dari tulisan-tulisan mereka. Tidak heran jika kualitas penulis profesional tidak diragukan lagi, apalagi mereka gemar mengikuti pelatihan maupun mengeksplorasi gaya penulisan mereka sendiri agar menghasilkan karya-karya layak baca.
Photo credit : thebalance

Sumber: https://trivia.id/post/tipe-tipe-penulis-mulai-dari-penulis-status-hingga-penulis-profesional-kamu
Oleh: @diniardianty

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT LAMAHOLOT

END OF THE SPEAR