Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Jumat, 16 Maret 2012

Tips Menghadapi Ujian Tertulis

Teman-teman, kini ada yang sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tulis, entah itu UMB (Ujian Masuk Bersama) ataupun SNMPTN.

Nah, kali ini punya 10 tips oke untukmu dalam mempersiapkan diri hadapi ujian.

1. Persiapkan diri dan waktu dengan baik.
Kondisi fisikmu perlu diperhatikan. Jaga kesehatan itu penting. Namun, jangan sampai karena serius belajar kita lupa waktu, lup makan hingga sakit. Mengonsumsi makanan yang bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna itu perlu.

2. Kelompok belajar
Membuat kelompok belajar dapat membantu mempersiapkan diri. Bertukar pikiran tentang materi yang kurang dimengerti. Namun, perlu diingat bahwa kita harus memanfaatkan waktu memang untuk belajar, bukan untuk mengobrol dan melakukan aktifitas lainnya.
Ikutan bimbingan belajar juga seru, tuh!

3. Datang lebih awal
Tak ada salahnya jika kita datang dengan persiapan yang matang dan lebih awal. Jangan lupa untuk membawasemua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

4. Penting untuk percaya diri
Yakinkanlah dirimu bahwa kamu siap dan akan mampu mengerjakan ujian dengan baik.

5. Boleh santai, asal waspada
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Cari pula posisi duduk yang paling nyaman untukmu, tapi yang sopan, ya.

6. Preview soal ujian
Luangkan sedikit waktu untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam. Lalu, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

7. Menjawab soal ujian perlu strategi
Jawablah terlebih dulu pertanyaan mudah yang kamu tahu. Lalu, lanjutkan dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah soal paling sulit, soal yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya.


8. Tahu jawaban yang bisa ditebak
Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak. Pertama, abaikan saja jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. 

9. Periksa ulang
Sisihkan sedikit waktu akhir ujianmu untuk memeriksa ulang jawaban. Jangan turuti kemauan diri yang ingin segera meninggalkan kelas setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.

10. Doa
Jangan lupa berdoa. Usaha kita sudah maksimal, namun terasa kurang lengkap tanpa doa. Sebaiknya, minta juga doa dari orangtuamu ya.

Semoga tips ini bermanfaat dan teman-teman sukses hadapi ujian.