Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Rabu, 23 Mei 2012

JAUH DARI ORANG TUA

Hayy teman..

di posting kali ini gue mau cerita tentang pengalaman yang saat ini pun masih gue alamin, yaitu MERANTAU.

saat ini gue tinggal sendiri di Daerah Istimewa Yogyakarta buat menuntut ilmu dan mewujudkan cita-cita gue. keputusan merantau dan menetap di Jogja ini adalah pilihan gue. awalnya nyokap dan bokap sempet ngelarang, bahkan sodara dan teman-teman gue juga ragu apakah gue bisa hidup sendirian dan jauh dari orang tua.

aslinya, gue ini anak yang manja banget. semua serba di layanin. beres-beres kamar pun kalau nyokap belum ngomel, pasti gak akan gue kerjain (kecuali kalau gue tiba-tiba terserang virus rajin). tapi, saat itu gue ngeyakinin orang tua gue dan saudara serta teman-teman gue, kalo gue ini udah gede, pasti bisa lah hidup sendiri. walaupun dalam hati juga masih suka bertanya-tanya, apakah gue mampu?.

seiring berjalannya waktu, akhirnya tekad gue benar-benar bulat untuk merantau ke jogja. sesudah lebaran, gue dan keluarga pergi ke jogja, kebetulan gue udah punya kostan, jadi, sampai jogja langsung bisa nempatin, tanpa harus cari-cari kostan dulu.

3 hari di jogja, gue masih nginep di hotel sama keluarga, masih sempet diajak jalan-jalan keliling jogja, dan beli perlengkapan buat di kostan baru.

tanggal 7 september 2011, nyokap, bokap dan ade gue balik ke Kebumen (rumah mbah), tinggal lah di jogja hanya gue sendiri. saat itu masih belum menemukan kegalauan dan kesepian yang berarti karna masih ada Mba Ika.



tanggal 9 September 2011, gue memulai rutinitas awal gue di jogja. menjalankan kegiatan seharu-hari untuk menuntut ilmu. pertama kali gue di jogja, pergi ke singgahsana ilmu, masih naik Bus jelek yang warna kuning bernomerkan ‘JALUR 2′. berangkat dari kostan, naik bus, dan sampai di tempat tujuan dengan selamat.

tragedi pun datang ketika gue hendak pulang kembali ke kostan. gue gak tau harus naik apa, dari mana, kemana, ditambah gue yang BUTA ARAH. parah kan.. disana gue masih sendiri, belum punya temen, sampai akhirnya gue putusin buat nanya ke penjaga dan petugas di kantor. sialnya, mereka juga gak pernah naik Bus jelek itu. rata-rata naik motor atau naik Trans Jogja. sedangkan di deket-deket kost gue gak ada selter Trans Jogja. untungnya.. ada mas-mas pengajar yang berbaik hati menawarkan dirinya mengantar gue sampai kostan.



di lain kesempatan, tepatnya di kost.

tadi gue sempet cerita kalo gue gak bisa ngapa-ngapain. apa-apa dilayanin. jadilah saat kost pertama gue ini, asli kebingungan tujuh keliling. gue itu paling males namanya harus keluar rumah. lebih suka ngedekep di dalem kamar. sedangkan kalau kost, kita harus cari makan di luar, dengan tanpa adanya kendaraan, gue jalan kaki menyusuri setiap jalan yang banyak menjajakan makanan. selayaknya anak ilang yang berjalan sendirian di tengah keramaian. nyokap gue kasih solusi, gue di beliin mie instan dan gelas pemanas buat masak mie dan di beliin ricecooker kecil juga. hari pertama gue nyoba masak mie tanpa kompor. selama proses pemasakan tidak menemukan halangan yang berarti. baru lah pada saat proses penyajian (waktu itu gue masak mie goreng), gue mau buang seduhan mienya. dengan tampang selayaknya anak kecil yang lagi main masak-masakan, gue ke kamar mandi, gue tutp gelasnya (ada lubang kecil di tutup gelas, yang gue kira itu berfungsi membuang air ketika masak mie), dan gue tuang, tanpa gue pegang tutupnya (karna panas), seketika itu, mie yang dengan susah payah dan penuh pengorbanan gue masak, tiba-tiba tumpah seluruhnya ke lantai kamar mandi. dengan wajah beloonnya, gue bilang “Yahhh… tumpah” sambil jongkok di pinggiran pintu kamar mandi sambil ngeliatin mie yang tumpah itu selayaknya anak kecil yang sedih melihat es creamnya jatuh ke tanah.

saat itu gue mikir. kemanjaan gue ini udah di tingkat paling atas mungkin ya, bahkan mungkin sudah mencapai stadium akhir. segitu bodohnya sampai masak mie pun harus tumpah semuanya, tanpa ada yang tersisa ke lantai kamar mandi. sejak saat itu gue baru sadar kalau melatih kemandirian itu penting. dan gue salah karna dari dulu selalu tergantung sama orang.

dan ketika gue lagi nulis cerita ini, gue baru selelsai buat Pop Mie goreng dan Energen (lagi males cari makan di luar). dan sepertinya kemandirian gue ini masih sangat-sangat kurang sekali. entah apa yang gue pikirkan saat tadi nyeduh energen. bayangkan ! satu saset energen, gue seduh di satu Mug ukuran sedang, dengan air yang teramat banyak. entah apa yang saat itu gue fikirkan. saat mie sudah habis gue makan, dan gue bergegas mengambil Mug yang berisi energen itu, loe tau apa yang gue temuin? energen vanila yang gue seduh itu berwarna putih, tanpa ada sereal yang biasanya suka mengambang di permukaan gelas. dan saat gue meminumnya pun rasanya sama sekali tidak seenak energen buatan nenek gue. sumpah.. berasa jadi anak kecil yang baru belajar melakukan sesuatu.. dan untung saja saat menyeduh pop mie goreng itu gue gak melakukan kesalahan yang sama seperti adegan ‘mie tumpah’ sebulan yang lalu. awalnya semua bumbu yang ada di pop mie itu mau gue tuang sebelum air panasnya gue taruh. untungnya otak gue cepat tersadarkan dan tidak melakukan hal bodoh itu untuk yang kesekian kalinya. entah apa yang terjadi kalau tadi, akhirnya gue nuang bumbu-bumbu dan lalu menyiramkan air panas, mungkin jadi pop mie rebus rasa mie goreng, atau ntah apa namanya..

Itu dulu cerita kebodohan gue saat jauh dari orang tua. sebenarnya masih banyak cerita memalukan lain yang pernah gue lakuin selama gue merantau di jogja ini. lain kali gue posting lagi ya.. soalnya mau siap-siap nih ada temen yang mau main ke kostan. ntah mereka jadi atau tidak.. hampir jamuran gue nunggu. ckck..

pesen gue kali ini : lakukan semua hal yang bisa kamu lakukan sendiri, hilangkan rasa malas dan jauhkan diri kalian dari ketergantungan sama orang lain, terutama orang tua, karena suatu hari nanti kalian pasti menemukan saat dimana orang tua atau orang lain jauh dari kalian dan kalian harus melakukan segala sesuatunya sendiri.

semoga kejadian memalukan dan bodoh seperti gue ini gak kalian alami juga. sumapah, gak enak. hidup berasa sendiri dan serasa menjadi orang palin merana di muka bumi.. :’(

Selasa, 22 Mei 2012

Tips Mendapatkan Ide


“Buka bukan hanya mata dan telingamu, tetapi semua panca indera, dan aktifkan hatimu ketika satu peristiwa, adegan, kalimat menyapa dirimu. bangun Imajinasimu dan tuangkan tanpa menunggu hari esok!” (Asma Nadia).

Hal utama yang diperlukan untuk menulis adalah ide. Terkadang seorang penulis dapat dengan mudah mendapat ide dan banyak juga penulis yang kesulitan mendapat ide. Bagi Sobat yang mengalami hal tersebut, berikut ada tips-tips sederhana yang bisa digunakan untuk memunculkan ide-ide brilian kita :


1. Banyak membaca
semakin banyak membaca semakin banyak kita tahu. Seperti itu lah pepatah mengatakan. Dalam proses membaca, seseorang akan aktif berimajinasi. Dalam proses membaca seperti ini bukan tidak mungkin dapat memunculkan ide. Walaupun ide itu sangat sederhana tetapi ketika mampu diramu dengan cara yang berbeda, pasti akan menjadi sebuah tulisan yang menarik.

2. Banyak jalan-jalan (kata orang banyak berjalan banyak yang dilihat)
Ini adalah kegiatan simple yang dapat dilakukan. Ide dapat muncul di mata dan telinga. Bahkan ide dapat muncul ketika di dalam angkot sekali pun.

3. Banyak silaturahim
Termasuk salah satu cara mudah yang dapat digunakan untuk mendapat sebuah ide. Kita bisa menuliskan kisah-kisah hidup atau pengalaman seseorang. Di sisi lain, banyak orang yang senang dan bahkan bangga ketika kisah atau pengalamannya dimuat di surat kabar atau majalah.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapat sebuah ide tulisan. ketika mendapat sebuah ide, ada baiknya sobat langsung tulis di dalam sebuah catatan. Ide yang sudah dituliskan di dalam catatan, tentu dapat kita kembangkan tanpa harus bersusah payah mengingat atau mencari ide lain.
Dalam proses kita menjadi seorang penulis, membawa sebuah catatan dan pensil bisa jadi adalah hal yang lazim agar kita tidak kehilangan ide-ide brilian kita.

10 Tips Ketika Anda Sedang Susah Menemukan Ide Menulis Blog

Bagi seorang blogger, apalagi blogger dengan spesifikasi personal blog persoalan ide selalu menjadi semacam misteri. Mau menulis apa hari ini? Topik apa yang bisa dijadikan bahan postingan?

Menulis Blog
Nah berikut ini ada terjemahan bebas dari sebuah artikel milik : Jeffrey Baumgartner, seorang seniman pematung yang terkenal pendiri jpb.com.
Dengarkan musik dari Johann Sebastian Bach. Jika music Bach tidak bisa membuatmu lebih kreatif maka sepertinya ada yang salah dengan otakmu. Segera temui dokter atau ahli bedah otak, utamanya jika kamu sering menderita sakit kepala, halusinasi atau mimpi buruk di malam hari.
Brainstorm. Jika dilakukan dengan benar, brainstorm bisa membantu anda bukan hanya muncul dengan banyak ide segar tapi juga memilih mana yang terbaik. Klik di sini untuk tambahan informasi tentang brainstorm (link berbahasa Inggris)
Bawalah selalu catatan kecil dan pulpen atau pensil ke mana saja anda pergi. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya. Suatu saat nanti saat membaca ulang catatan tersebut maka anda mungkin saja menemukan 90% dari ide anda masih berbentuk draft. Jangan kuatir, itu normal. Yang paling penting adalah sisa yang 10% untuk membuatnya sempurna.
Saat anda kehabisan ide, buka kamus dan pilih kata secara acak. Setelah itu cobalah memformulasikan ide berdasarkan kata tersebut. Anda akan kaget melihat bagaimanca cara ini berhasil. Konsep ini berangkat dari sebuah konsep sederhana tapi selalu benar : jangan membatasi kreatifitas. Tak ada larangan dan aturan baku dalam cara berpikir.
Rumuskan masalahmu. Ambil selembar kertas, netbook, computer atau apa saja yang bisa digunakan untuk membuat catatan dan mulailah merumuskan masalahmu dengan detail. Anda mungkin akan menemukan ide positif dengan melalukan langkah ini.
Saat anda tidak dapat berpikir, cobalah untuk keluar dan berjalan-jalan. Perubahan atmosfer dan suasana sangat bagus untuk anda. Sebuah latihan terus menerus dan banyak berjalan-jalan dapat membantu merangsang sel-sel otak anda.
Jangan menonton TV. Sebuah eksperiman yang dilakukan oleh JPB Creative Laboratory menunjukkan hasil kalau menonton TV menyebabkan otak pelan-pelan akan meleleh melalui hidung dan kuping anda. Kedengarannya tidak menyenangkan bukan ? tapi itu benar-benar terjadi.
Jangan sentuh narkoba. Mereka yang menggunakan narkoba merasa dirinya kreatif. Bagi orang normal, mereka terlihat seperti pengguna narkoba.
Membacalah sebanyak mungkin tentang berbagai macam topik. Buku melatih otak anda, member inspirasi dan memberikan bayak informasi yang memungkinkan anda untuk menggali ide kapan saja dengan mudah.
Latih otak anda. Otak, seperti juga tubuh butuh latihan untuk membuatnya tetap fit. Tanpa latihan yang cukup otak akan menjadi lembek dan tidak berguna. Latih otak anda dengan banyak membaca ( lihat poin 9 ), ngobrol dengan orang pintar, dan berdebat dengan orang lain. Berdebat dan diskusi bisa menjadi sebuah latihan yang luar biasa bagi sel otak. Tapi ingat, berdebat tentang sebuah topik yang menarik ( misalnya tentang politik atau film ) akan bagus untuk anda, tapi berdebat tentang hal yang remeh temeh hanya membuang-buang waktu

Minggu, 20 Mei 2012

Jenis-jenis Polisi Tidur


Polisi tidur, atau gundukan/jeglongan/jeglokan atau apalah sebutannya buat kamu, adalah bagian jalan yang ditinggiin sedikit, dan dikasi warna kayak zebra crossyang gunanya buat memperlambat kendaraan yang ngelewatinnya. Maksudnya sih supaya orang nggak ngebut-ngebut sembarangan di jalan-jalan tertentu gitu, terutama daerah perumahan.
Ngebuat polisi tidur itu nggak boleh sembarangan. Ada aturan dan pengukuran-pengukuran khusus yang musti diikutin untuk ngebuat polisi tidur yang bener. Tapi sayangnya di Indonesia, banyak pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab yangsuka bikin polisi tidur seenaknya, tanpa maksud yang jelas. Coba disimak nih ya,jenis-jenis polisi tidur yang ada di negara tercinta kita ini.
Yang Bener
Ini lah yang bener. Bentuknya ngikutin peraturan yang ada, warnanya jelas, nggak ketinggian,nggak kerendahan, nggak membahayakan. Kalo mobil/motor kamungelewatin polisi tidur yang ini, cuma jadi pelan aja. Yang begini emang masih ada, tapi jumlahnya sedikit dibandingin sama yang nggak bener bikinnya.
Modern
Kalo ini adalah bentuk polisi tidur yang modern. Bentuk dan ukuran pasti ngikutin aturan, dan dibuatnya dari metal, jadi tipe polisi tidur ini kuat dan tahan lama. Kalo kena banjir atau badai nggak bakal berubah bentuknya. Dan tipe yang ini juga praktis, karena dibuatnya di pabrik, tinggal pasang aja di jalan yang dibutuhkan, nggak perlu dibuat dari 0 dan ganggu lalu lintas.
Asal-Asalan
Tipe yang ini lah yang paling sering kita temuin. Yang bikin biasanya warga sekitaryang kesel karena suka ada abege-abege baru belajar nyetir, terus kebut-kebutan di komplek. Tapi bikinnya asal-asalan, biasanya ketinggian atau terlalu tajem. Kalo kamu ngelewatin tipe ini, musti super pelan-pelan, karena kalo enggak bakal ngejeglak gitu, dan berpotensi ngerusak kaki-kaki mobil kamu.
Tipe yang ini juga karena asal-asalan bikinnya, biasanya dalam beberapa bulan bakal rusak, dan para abege-abege itu bakal kembali kebut-kebutan di komplek tersebut, dan para warga yang gusar akan kembali membuat polisi tidur abal-abal ini. Sebuah lingkaran setan yang mengerikan.
Yang Nggak Keliatan
Tipe yang ini juga nggak kalah ngeselin. Dan juga membahayakan, apalagi kalo udah malem. Karena nggak keliatan, kamu nggak sempet memperlambat laju kendaraan kamu sebelum ngelewatin polisi tidur tipe ini. Kalo yang dibuatnya bener mungkin efeknya nggak terlalu parah, paling seisi mobil kamu bakal kegoncang aja. Nah kalo yang nggak keliatan ini yang dibuat asal-asalan gimana? Menurut ilmu fisika sih bukan nggak mungkin kendaraan kamu bisa mental kalo ngelewatin polisi tidur yang kayak gitu.
Polisi Tidur Beneran
Nah kalo ini adalah polisi tidur yang harfiah, alias polisi yang lagi tidur. MBDC juga sebenernya kurang ngerti kenapa gundukan/jeglongan/jeglokan atau apalah sebutannya buat kamu itu disebutnya polisi tidur. Padahal kan bahasa inggrisnya Speedbump, yang kalo diartiin ke bahasa Indonesia artinya “Jendolan Kecepatan”
Oh iya. Kalo nemu yang tipe ini, jangan dilindes ya.
Polisi yang Suka Main ke Mimpi MBDC Pas Kita Lagi Tidur
Ya gitu deh. Dari judulnya udah cukup jelas kan ? MBDC seneng kalo lagi mimpidisamperin yang cantik-cantik trus pake seragam polisi. Ato pake seragam suster. Ato seragam French Maid.
Nah. Dengan baca artikel ini, kamu makin pinter dong ya tentang polisi tidur. Skill nyetir kamu juga pasti tambah jago kalo punya pemahaman tentang polisi tidur yang lebih mendalam. Ngomong-ngomog soal tidur, kita jadi ngantuk nih. MBDC mau bobok siang dulu ya…

Memulai Kebajikan Walaupun Kecil

Ketika fajar menyingsing, seorang lelaki tua berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati angin laut yang segar menerpa bibir pantai. Di kejauhan dilihatnya seorang anak sedang memungut bintang laut dan melemparkannya kembali ke dalam air.

Setelah mendekati anak itu, lelaki tua itu bertanya heran, “Mengapa engkau mengumpulkan dan melemparkan kembali bintang laut itu ke dalam air?” “Karena bila dibiarkan hingga matahari pagi datang menyengat, bintang laut yang terdampar itu akan segera mati kekeringan, “Jawab si kecil itu.

“Tapi pantai ini luas dan bermil-mil panjangnya,” Kata lelaki tua itu sambil menunjukkan jarinya yang mulai keriput ke arah pantai pasir yang luas itu. “Lagi pula ada jutaan bintang laut yang terdampar. Aku ragu apakah usahamu itu sungguh mempunyai arti yang besar,” Lanjutnya penuh ragu.

Anak itu lama memandang bintang laut yang ada di tangannya tanpa berkata sepatahpun. Lalu dengan perlahan ia melemparkannya ke dalam laut agar selamat dan hidup.” kemudian dengan tersenyum pada lelaki tua itu, ia berkata “Aku membuat perubahan untuk satu hal. Satu Tindakan Sebuah kebaikan yang sederhana dapat membuat sebuah perubahan untuk keluargamu, temanmu, bahkan untuk wajah wajah asing yang kadang tidak kita kenal”. Saya yakin usahaku sungguh memiliki arti yang besar sekurang-kurangnya bagi yang satu ini.” Kata si kecil itu.

Pesan Moral : kadang kadang, kita selalu merasa tidak bisa berbuat apa apa seperti layaknya anak kecil itu, namun walaupun itu cuma tindakan kebaikan sederhana, tapi membuat begitu banyak perbedaan untuk Bintang laut itu sendiri

Ketika anda memberikan sedikit senyuman untuk orang lain, baik itu keluarga anda, teman anda ataupun orang asing yang anda temui, anda telah membuat perbedaan besar bagi mereka.

Tindakan kecil yang sederhana dapat membuat perbedaan besar kepada seseorang yang sedang membutuhkan. Menyelamatkan Bintang laut adalah sedikit aksi yang membuktikan kebenaran itu

Kita sering mendambakan untuk melakukan sesuatu yang besar, namun sering kali kita lupa bahwa yang besar itu sering dimulai dengan sesuatu yang kecil. Mulailah berbuat kebajikan pada hal-hal kecil, maka engkau akan diberkati dalam hal-hal besar.

Kisah Kakek Penjual Amplop



Kisah nyata ini ditulis oleh seorang dosenITB bernama Rinaldi Munir mengenai seorang kakek yang tidak gentar berjuang untuk hidup dengan mencari nafkah dari hasil berjualan amplop di Masjid Salman ITB. Jaman sekarang amplop bukanlah sesuatu yang sangat dibutuhkan, tidak jarang kakek ini tidak laku jualannya dan pulang dengan tangan hampa. Mari kita simak kisah “Kakek Penjual Amplop di ITB”.

Setiap menuju ke Masjid Salman ITB untuk shalat Jumat saya selalu melihat seorang Kakek tua yang duduk terpekur di depan dagangannya. Dia menjual kertas amplop yang sudah dibungkus di dalam plastik. Sepintas barang jualannya itu terasa “aneh” di antara pedagang lain yang memenuhi pasar kaget di seputaran Jalan Ganesha setiap hari Jumat. Pedagang di pasar kaget umumnya berjualan makanan, pakaian, DVD bajakan, barang mainan anak, sepatu dan barang-barang asesori lainnya. Tentu agak aneh dia “nyempil” sendiri menjual amplop, barang yang tidak terlalu dibutuhkan pada zaman yang serba elektronis seperti saat ini. Masa kejayaan pengiriman surat secara konvensional sudah berlalu, namun Kakek itu tetap menjual amplop. Mungkin Kakek itu tidak mengikuti perkembangan zaman, apalagi perkembangan teknologi informasi yang serba cepat dan instan, sehingga dia pikir masih ada orang yang membutuhkan amplop untuk berkirim surat.

Kehadiran Kakek tua dengan dagangannya yang tidak laku-laku itu menimbulkan rasa iba. Siapa sih yang mau membeli amplopnya itu? Tidak satupun orang yang lewat menuju masjid tertarik untuk membelinya. Lalu lalang orang yang bergegas menuju masjid Salman seolah tidak mempedulikan kehadiran Kakek tua itu.

Kemarin ketika hendak shalat Jumat di Salman saya melihat Kakek tua itu lagi sedang duduk terpekur. Saya sudah berjanji akan membeli amplopnya itu usai shalat, meskipun sebenarnya saya tidak terlalu membutuhkan benda tersebut. Yach, sekedar ingin membantu Kakek itu melariskan dagangannya. Seusai shalat Jumat dan hendak kembali ke kantor, saya menghampiri Kakek tadi. Saya tanya berapa harga amplopnya dalam satu bungkus plastik itu. “Seribu”, jawabnya dengan suara lirih. Oh Tuhan, harga sebungkus amplop yang isinnya sepuluh lembar itu hanya seribu rupiah? Uang sebesar itu hanya cukup untuk membeli dua gorengan bala-bala pada pedagang gorengan di dekatnya. Uang seribu rupiah yang tidak terlalu berarti bagi kita, tetapi bagi Kakek tua itu sangatlah berarti. Saya tercekat dan berusaha menahan air mata keharuan mendengar harga yang sangat murah itu. “Saya beli ya pak, sepuluh bungkus”, kata saya.

Kakek itu terlihat gembira karena saya membeli amplopnya dalam jumlah banyak. Dia memasukkan sepuluh bungkus amplop yang isinya sepuluh lembar per bungkusnya ke dalam bekas kotak amplop. Tangannya terlihat bergetar ketika memasukkan bungkusan amplop ke dalam kotak.

Saya bertanya kembali kenapa dia menjual amplop semurah itu. Padahal kalau kita membeli amplop di warung tidak mungkin dapat seratus rupiah satu. Dengan uang seribu mungkin hanya dapat lima buah amplop. Kakek itu menunjukkan kepada saya lembar kwitansi pembelian amplop di toko grosir. Tertulis di kwitansi itu nota pembelian 10 bungkus amplop surat senilai Rp7500. “Kakek cuma ambil sedikit”, lirihnya. Jadi, dia hanya mengambil keuntungan Rp250 untuk satu bungkus amplop yang isinya 10 lembar itu. Saya jadi terharu mendengar jawaban jujur si Kakek tua. Jika pedagang nakal ‘menipu’ harga dengan menaikkan harga jual sehingga keuntungan berlipat-lipat, Kakek tua itu hanya mengambil keuntungan yang tidak seberapa. Andaipun terjual sepuluh bungkus amplop saja keuntungannya tidak sampai untuk membeli nasi bungkus di pinggir jalan. Siapalah orang yang mau membeli amplop banyak-banyak pada zaman sekarang? Dalam sehari belum tentu laku sepuluh bungkus saja, apalagi untuk dua puluh bungkus amplop agar dapat membeli nasi.

Setelah selesai saya bayar Rp10.000 untuk sepuluh bungkus amplop, saya kembali menuju kantor. Tidak lupa saya selipkan sedikit uang lebih buat Kakek tua itu untuk membeli makan siang. Si Kakek tua menerima uang itu dengan tangan bergetar sambil mengucapkan terima kasih dengan suara hampir menangis. Saya segera bergegas pergi meninggalkannya karena mata ini sudah tidak tahan untuk meluruhkan air mata. Sambil berjalan saya teringat status seorang teman di fesbuk yang bunyinya begini: “Kakek-Kakek tua menjajakan barang dagangan yang tak laku-laku, ibu-ibu tua yang duduk tepekur di depan warungnya yang selalu sepi. Carilah alasan-alasan untuk membeli barang-barang dari mereka, meski kita tidak membutuhkannya saat ini. Jangan selalu beli barang di mal-mal dan toko-toko yang nyaman dan lengkap….”.

Si Kakek tua penjual amplop adalah salah satu dari mereka, yaitu para pedagang kaki lima yang barangnya tidak laku-laku. Cara paling mudah dan sederhana untuk membantu mereka adalah bukan memberi mereka uang, tetapi belilah jualan mereka atau pakailah jasa mereka. Meskipun barang-barang yang dijual oleh mereka sedikit lebih mahal daripada harga di mal dan toko, tetapi dengan membeli dagangan mereka insya Allah lebih banyak barokahnya, karena secara tidak langsung kita telah membantu kelangsungan usaha dan hidup mereka.

Dalam pandangan saya Kakek tua itu lebih terhormat daripada pengemis yang berkeliaran di masjid Salman, meminta-minta kepada orang yang lewat. Para pengemis itu mengerahkan anak-anak untuk memancing iba para pejalan kaki. Tetapi si Kakek tua tidak mau mengemis, ia tetap kukuh berjualan amplop yang keuntungannya tidak seberapa itu.

Di kantor saya amati lagi bungkusan amplop yang saya beli dari si Kakek tua tadi. Mungkin benar saya tidak terlalu membutuhkan amplop surat itu saat ini, tetapi uang sepuluh ribu yang saya keluarkan tadi sangat dibutuhkan si Kakek tua.

Kotak amplop yang berisi 10 bungkus amplop tadi saya simpan di sudut meja kerja. Siapa tahu nanti saya akan memerlukannya. Mungkin pada hari Jumat pekan-pekan selanjutnya saya akan melihat si Kakek tua berjualan kembali di sana, duduk melamun di depan dagangannya yang tak laku-laku.

Mari kita bersyukur telah diberikan kemampuan dan nikmat yang lebih daripada kakek ini. Tentu saja syukur ini akan jadi sekedar basa-basi bila tanpa tindakan nyata. Mari kita bersedekah lebih banyak kepada orang-orang yang diberikan kemampuan ekonomi lemah. Allah akan membalas setiap sedekah kita, amiin.

Selasa, 15 Mei 2012

10 Foto Terakhir Sebelum Meninggal

10. Wiley Post & Will Rogers

Wiley Post adalah seorang penerbang solo pertama yang mengelilingi dunia dengan pesawat terbang bersama seorang teman baiknya Will rogers yang juga komedian terkenal, pelawak dan komentator sosial. Foyo ini ( Will Rogers yang mengenakan Dasi dan Topi yang berdiri diatas sayap pesawat ) diambil pada tanggal 15 Agustus 1935 sebelum berangkat dari Alaska. Ketika pesawat yang mereka tumpangi sudah tinggal landas, sementara pengawas yang berada didarat melihat, pesawat itu hancur karena kegagalan mesin dan menewaskan keduanya

Lapangan terbang yang ada di Alaska sana sekarang dinamai dengan Wiley Post – Will Rogers Memorial Airport.

09. John and Jackie Knill
13 Januari 2005 mayat kedua pasangan asal Kanada tersebut ditemukan di pantai Thailand, mereka berdua adalah korban Tsunami dari sekiannya banyak koraban yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004,seminggu kemudian petugas asal Seattle Amaerika yang sedang mengevakuasi korban Tsunami menemukan kamera digital yang sudah rusak dan menyimpan memori cardnya, setelah membuka gambar yang ada di memori tersebut, petugas tersebut meihat gambar-gambar wisata mereka berdua dan gambar terakhir yang diambil dari kamera tersebut memperlihatkan ombak yang sangat besar sebelum menghantam mereka berdua tertanggal 8.30 am on December 26.

Petugas yang menemukan Kamera tersebut menyebarnya di Internet sebagai Orang hilang, setelah ada orang yang mengenali mereka berdua kemudian ia memberikan nya kepada kedua anak mereka di Vancouver – Kanada.

08. Albert Einstein

Gambar yang ada disebelah adalah dfoto terakhir dari Albert Einstein diambil pada bulan MAret 1955 tidak banyak rincian yang diambil dari foto ini tetapi kemungkinan foto ini diambil di dekat rumahnya di Princeton, Sebulan kemudian pada 17 April 1955, Einstein mengalami pendarahan internal yang disebabkan oleh perpecahan aortic gondok nadi, yang sebelumnya didiagnosa secara akurat. Ia pergi ke rumah sakit dan mengambil konsep pidato dia mempersiapkan untuk penampilan televisi Mengenang Negara Israel’s ketujuh dengan dia. Sayangnya dia tidak tinggal cukup lama untuk menyelesaikan itu. Hari berikutnya Einstein meninggal pada usia 76 tahun.

Otak Einstein di keluarkan dalam beberaa detikk dari kematiannya (tanpa izin keluarganya) di masa depan neuroscience berharap akan dapat menemukan apa yang dibuat Einstein jadi cerdas.

07. Marilyn Monroe


Banyak orang percaya Photograpfher Selebrity George Barris lah yang mengambil gambar Marylin Monroe sebelum wafat. Akan tetapi, sebenarnya adalah fotografer Allan Grant dari Life Magazine. Gambar-gambar yang diambil 7 Juli 1962 selama wawancara di rumahnya. Enam gambar muncul di Life Magazine, termasuk satu yang sedang berdiskusi sebulan kemudian 5 Agustus 1962 LAPD menerima laporan pada jam 4:25 AM dari dr.Hyman Engelberg bahwa Marylin Monroe telah meninggal di rumahnya di Brentwood, Los Angeles.

Penyebab resmi kematian Monroe telah diklasifikasikan sebagai “Keracunan obat tidur”, dan juga tercatat sebagai “kemungkinan bunuh diri. Masih banyak pertanyaan yang masih belum dijawab tentang situasi dan kondisi kematiannya dan waktu dari Monroe ketika tubuh ditemukan.

Life Magazine mewawancarai Monroe Tertanggal 3 Agustus 1962, hanya 2 hari sebelum ia meninggal.

06. Bill Biggart

Photo Jurnaslis Bill Bigart telah mengabadikan foto gedung WTC pada 11 September 2002 dan secara tragis tewas oleh menara kedua yang ambruk, 4 hari setelah tubuhnya di temukan bersama kameranya yang sudah rusak parah diberikan langsung kepada istrinya. hebat kartu yang ada didalam kamera tersebut masih utuh dan terdapat 150 gambar termasuk gambar yang terakhir diambil yang ditampilkan di atas adalah waktu 10:28 dan 24 detik. Waktu itu 10:30 ketika kedua menara turun.

Ketika istrinya memanggil dia lewat Ponselnya setelah menara pertama runtuh, Bigart malah mengatakan ” Jangan khawatir 20 menit lagi saya akan ke studio” ” Saya Aman “. Ini adalah percakapan terakhir dengan suaminya sebelum 20 menit kemudian kedua menara benar-benar runtuh.

05. Lady Diana

Gambar disebelah adalah foto terakhir yang diambil sebelum tabrakan terjadi, banyak pers/paparazi bersaing untuk mencetaknya sebagai photo terkahir sang putri sampai dengan hanya rambutnya saja yang kelihatan, ironis photo putri seperti inilah yang terakhir yang dapat diambil sebelum meninggal dunia.

Foto tersebut menunjukkan dari Hotel Ritz Paris Pada sekitar 12:20 am pada 31 Agustus 1997 dengan Henri Paul Pengemudi hotel, kanan, dan Dodi Fayed’s pengawal Trevor Rees-Jones di kursi penumpang. Di belakang kursi adalah Princess Diana (melihat kebelakang karena di ikuti oleh Papparazzi) dengan Dodi Fayed duduk di sebelah dia. Beberap detik setelah gambar ini diambil adalah gambar yang diambil ketika Mercedes masuk kedalam terowongan Place de l’Alma.

diperkirakan terjadi di kecepatan 105 km / h (65 mph.) Pengemudi hilang kontrol dari mobil dan membanting ke kiri sebelum menabrak pilar yang ada dalam terowongan. Dodi Fayed dan Henri Paul keduanya meninggal seketika. Trevor Rees-Jones masih sadar dan menderita luka berat di wajah. Diana kritis tetapi kemudian meninggal pagi harinya di rumah sakit dan meninggalkan Rees-Jones satu-satunya yang selamat.

04. Elvis Prasley

Photo terkahir sang legenda ini diambil pada tanggal 16 Agustus 1977 12.28 am, gambar diambil ketika ia keluar malam menuju Grace Land kediamannya, sore harinya ia ditemukan mengelepar dikamar mandi oleh pembantunya Ginger Alden.dan dinyatakan tewas pada pukul 3:30 pm di Baptist Memorial Hospital.
Sebelum nya tanggal 15 Agustus 1977 ia pergi kedokter gigi dan diberikan obat, mungkin karena obat itulah yang membantunya memepercepat kematian karena sebelumnya ia didiagnosa mengalami alergi terhadap obat-obatan.

03. Adolf Hitler

Gambar ini diambil 2 hari sebelum kematiannya, dapat dilihat ia sedang berada di luar bunker, Dengan letaknya di reruntuhan setelah enam tahun perang, dan dekat dengan kekalahan, Hitler memutuskan untuk mengambil hidup sendiri. Namun sebelum melakukannya, dia menikah dengan Eva Braun penned . Berikutnya di sore hari pada 30 April 1945 Hitler dan Braun ‘masuk kdalam ruangan untuk mengakhiri hidup mereka. dan mayat mereka ditemukan sementara Hitler berada di ranjang dan Eva terduduk di di ujung yang lain. Hitler dinyatakan bunuh diri dengan menenggak kapsul Sianida sebelum akhirnya menembak kepalanya sendiri sementara Eva hanya menggunakan kapsul sianida.

Sebelum Hitler tewas, ia pernah berkonsultasi dengan dokter pribadinya, bagaimana cara bunuh diri yang manjur, kemudian dokter tersebut menyarankan kombinasi meminum kapsul sianida dan menembak kepala.

02.Anne Frank


Foto ini adalah foto terakhir Anne Frank dan saudaranya, diambil awal atau pertengahan tahun 1942, Kemudian Pada bulan Juli ditahun yang sama, Margot san saudaranya termasuk orang-orang yang pertama untuk menerima pemberitahuan bahwa dia akan dikirim ke Nazi Jerman untuk memesan laporan untuk relokasi ke kamp kerja. Anne kemudian diberitahu oleh ayahnya bahwa keluarga akan pergi untuk bersembunyi, keluarga Frank kemudian ditemukan dan ditangkap pada pagi 4 Agustus 1944. Setelah ditangkap di persembunyian, mereka dianggap kriminal dan dikirim ke barak Hukuman keras bagi tenaga kerja. Pada Maret 1945, epidemi tipus yang menyebar melalui kamp dan membunuh sekitar 17.000 tahanan. Saksi mata melihat Margot tewas karena epidemi tersebut, dan beberapa hari kemudian Anne Frank meninggal.

Pada bulan April 1945 hanya dalam hitungan minggu setelah Anne Frank meninggal, camp tersebut dibebaskan oleh tentara Inggris.

01. Abraham Lincoln


Foto disebelah  di ambil oleh Henry J. Warren selama sesi foto sekitar waktu pelantikan, sekitar bulan setelah foto itu diambil itu tanggal 14 April 1865 Lincoln pergi ke gedung Theater “Ford”. Adalah John Wilkes Booth yang diketahui sebagai aktor dan agen rahasia berada dibelakang sang presiden, menunggu keriuhan suara penonton di dalam theater bergemuruh, berharap keriuhan tersebut dapat menghilangkan suara desingan peluru yang akan ditembakan tepat kekepala orang yang berada di depannya, ketika saat itu tiba ia kemudian meloncat dan menghujamkan tembakan dari pistol kaliber 44 tepat ke kepala sang presiden.

Foto tersebut merupakan foto terakhir yang diambil ketika lincoln hidup, banyak foto yang beredar tetapi itu hanyalah lukisan bukan foto atau sebelum pelantikan

Sahara Yang Misterius



Misteri tentang ganasnya gurun pasir memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Misteri inilah yang mendorong si Michael Palin untuk membuktikan kebenarannya. Misteri Saharan walau kedengaran seram, namun tidak pernah mematahkan sema pengembara yang datang dari bebagai pelosok dunia yang merasa tertantang untuk menaklukkan padang pasir atau sahara. Telah banyak aku membaca informasi tentang hal ini ditambah visualisasi lengkap dari video petualangan si Michael Palinlah yang akhirnya memutuskan untuk berbagi informasi ringan tentang mitos padang pasir.

Mendengar kata Padang pasir atau sebagian orang menyebutnya gurun sahara, pikiran kita langsung tertuju kenegara Timur Tengah atau Afrika itu yg sudah sangat kita kenal. Hal ini membuat saya kadang-kadang merenung. Negara yang saya tempati ini selama puluhan tahun belakangan ini (Saudi Arabia) begitu tandusnya, gunung-gunung, hamparan pasir, semua batu yang tidak memungkinkan tumbuhnya penghijauan ataupun hutan rimba seperti di negara kita, tapi SANG PENCIPTA begitu adilnya. Coba kita tengok, di negara tandus dan gersang ini tertimbun kekayaan yg tiada tara dari tambang minyak sampai tambang emasnya yg merupakan kekayaan negara ini, di-sela-sela batu cadas yg ada digunung ini tumbuhlah pohon kaktus yg banyak tumbuh di kota Thaif.

Kota Thaif ini udaranya sangat dingin melebihi puncak. Thaif walaupun dingin udaranya, namun rata-rata gunungnya tetap gundul . Tanaman yang banyak tumbuh adalah pohon kaktus tadi. Pohon ini termasuk tanaman liar, tumbuh subur dihiasi bunga-bunga nan cantik. Saya sendiri baru tahu kalau kaktus ini ternyata bisa berbuah dan buahnya bisa dimakan. Buah ini bergantungan di pinggir-pinggir daunnya dan berduri halus. Orang Arab menamakan buah kaktus ini barsyuumi, konon buah kaktus ini rasanya manis, dan banyak biji persis seperti biji jambu klutuk. Secara kasat mata bisa dikatakan bahwa bentuk buah ini seperti buah mengkudu atau pace seperti kebanyakan orang Jawa menyebutnya.


Padang pasir sahara yang maha luas yang terdapat di bumi ternyata mencakup sepertiga wilayah bumi. Gurun merupakan daerah luas yang kering dan berpasir karena rendahnya angka hujan di sahara. Suhu padang pasir yang pada siang hari begitu menyengat dan bisa membuat otak mendidih, konon karena saking panasnya, orang-orang gurun biasa memanggang roti hanya dengan dikubur di pasir dan roti akan matang dan hasilnya tidak kalah nikmat dari yang dibakar di dalam oven, baunya yang semerbak harum akan terbawa angin kemana-mana dan membelai hidung para pelancong yang kebetulan lewat.

Namun….. bila malam menjelang dan kegelapan semakin tua, temperatur akan drop sangat dingin, hal ini dikarenakan rendahnya kelembaban udara. Di Australia sendiri hamparan gurun pasir sangat mendominasi benua. Rasanya gurun pasir Australia ataupun yang di Afrika atau di Timur tengah tiada banyak perbedaan. Tanah kering dan jarang terdapat tanaman, dan kalau toch ada maka lebih banyak adalah jenis kaktus atau semak belukar seperti yang telah dikemukakan oleh mbakyu Scorties aka mabk Thia.


Di Sahara animal kingdom yang biasa merajai adalah : heynas, gizzele, kalajengking, ular, anjing liar dan tentu tidak ketinggalan sang unta yang merupakan ratu padang pasir yang pinggulnya senantiasa megal-megol sexy, dan punggung yang sarat muatan. Sungguh membayangkan suasana seperti inipun sudah mampu menerbangkan fantasi tersendiri. Walau kelihatannya padang pasir merupakan tempat yang sangat tidak menjanjikan namun pada kenyataannya, banyak orang di Timur Tengah, Afrika dan sedikit masyarakat asli Australia yang sangat enjoy menetap di luasnya gurun pasir yang masih asli lengkap dengan ketandusan, kegersangan, dan yang penuh misteri.


Salah satu suku yang terkenal sebagai penduduk tetap gurun adalah suku Bedouin, suku ini terkenal tangguh dan benar-benar penakluk gurun. Di Afrika, seperti Somalia, Sudan, Kenya dan lain-lain juga terdapat suku-suku yang menetap di desa-desa di tengah gurun pasir Membaca buku yang menceritakan kehidupan masyarakat gurun pasir seolah membawa angan kita ke suatu masa beratus-ratus abad lalu, kental dengan mitos-mitos yang berkembang pula di masyarakat gurun. Penduduk gurun pasir tentu sangat kuat-kuat, ototnya bak kawat dan tulangnya serasa besi. Manusia tangguh yang tahan banting menerjang ganasnya alam. Mata pencaharian orang gurun biasanya adalah penggembala ternak, baik domba ataupun unta.
Mereka umumnya tinggal di tenda-tenda yang dibuat dari kulit binatang. Sebut saja bagaimana vitalnya kehadiran unta di sahara, dari daging sampai kotorannya bisa dimanfaatkan.

Lepas dari kehidupan manusianya, konon, bagi orang awam yang tidak pernah ke gurun pasir, akan mengalami hal-hal yang dianggap tidak masuk akal, suara angin yang menderu menyeramkan bak suara raksasa, badai gurun, panas yang sangat menyengat yang kadang-kadang bisa menyebabkan halusinasi, tipuan mata dengan munculnya fatamorgana, dari jauh nampak oase yang ijo royo-royo, namun kala didekati ternyata gurun datar yang tandus, atau yang dari jauh nampak seperti danau yang menentramkan penuh janji akan segarnya air, ketika didekati hanyalah pasir yang menghampar, dan masih banyak lagi misteri-misteri gurun.
Mitos angkernya gurun pasir lengkap dengan ganasnya camel spider yang konon sangat mematikan, walau pada kenyataanya spider jenis ini hanya sangat mematikan bagi binatang seperti unta, sampai mitos kerajaan Jin dengan bala tentaranya yang super nggenggirisi dan yang suka menganggu para pelancong, ataupun cerita para bandit yang liar yang tidak segan membunuh korbannya, banyak kisah tentang bandit padang pasir ini.

Di Somalia atau Ethiopia, ada sekelompok bandit yang sangat terkenal yang tidak segan-segan membunuh korbannya yang kemudian mayatnya ditinggal begitu saja membusuk di tengah gurun. Ada lagi yang tidak kalah seram yaitu tawa heynas yang sedang kelaparan, ular-ular yang penuh racun, dan berbagai cerita hantu, semakin membuat hati penasaran siapa saja yang mempunyai jiwa petualang ingin membuktikan kebenarannya. Semakin berbahaya akan semakin challenging.

Van Nistelrooy Tutup Buku dari Dunia Sepakbola

Ruud Van Nistelrooy

Kabar mengejutkan datang dari mantan pemain Tim Nasional Belanda, Ruud Van Nistelrooy. Dia memutuskan mengakhiri perjalanan panjangnya di dunia sepakbola.

Pemain berusia 35 tahun itu memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama Malaga yang bakal kadaluarsa akhir musim ini. Keputusan ini memang cukup mengagetkan, pasalnya Malaga sendiri lolos ke Liga Champions musim depan.

Alasan dibalik keputusan mantan punggawa Manchester United itu gantung sepatu adalah karena dirinya merasa sudah tak lagi memiliki stamina mumpuni untuk berlaga di level sepakbola Eropa.

“Kemarin adalah pertandingan terakhir selama karier profesional saya. Kini waktunya gantung sepatu. Saya sudah tidak lagi memiliki stamina yang layak sehingga tidak dapat bermain maksimal,” akunya sebagaimana dilansir Goal

“Saya bangga telah memenangkan berbagai gelar bagi tim dan individu. Ini adalah kepuasan terbesar atas kerja keras saya dari hari ke hari, tahun ke tahun,” ia meyakinkan.

Van Nistelrooy memulai karirnya bersama klub Eerstedivisie Belanda, Den Bosch pada 1993 sebelum bergabung denngan Heerenven empat musim kemudian.

Setelah satu musim di Friezen, Van Nistelrooy pindah ke PSVEindhoven , dimana ia berkesempatan masuk Timnas Belanda. Usai menjalani musim sukses di Eidhoven, selanjutnya ia diboyong Manchester United.

Ruud menjadi pemain kunci di Old Traffold dan mencetak 150 gol dari 219 penampilannya bersama ‘The Red Devil’.

Sang striker kemudian hijrah ke Real Madrid pada musim 2006, dimana ia memperoleh dua gelar La Liga.

Sempat bergabung bersama Hamburg dengan status pinjaman selama 18 bulan, sebelum akhirnya berlabuh di Malaga pada awal musim 2011/2012.

Di usianya yang ke-35, mantan bomber Belanda ini telah tampil di 70 pertandingan bersama timnya dan mencetak 35 gol. Ia tampil di Piala Eropa 2004 dan 2008, serta Piala Dunia 2006.

Total gol yang dikoleksi Ruud van Nistelrooy sepanjang kariernya mencapai 347 dari 588 penampilannya di level klub. Van nistelrooy juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Liga Champions dengan torehan 56 gol.

“Saya sangat berterima kasih kepada Malaga, fans Den Bosch, Heerenveen, PSV, Manchester United, Real Madrid dan Hamburg,” tutupnya.[yob]

Senin, 14 Mei 2012

Cinta tak Pernah Meminta

Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.~ Mahatma Ghandi

Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.

Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja.”

Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu.

Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.

Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi jika kamu mahu berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu Coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.

Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.

Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu.

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka

Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat.

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping. 
Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

Tuhan ciptakan 100 bahagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bahagian diturunkan ke dunia. Dengan kasih sayang yang satu bahagian itulah, makhluk saling berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya kerana takut anaknya terpijak.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah lagi.

Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya.

Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta !

Permulaan cinta adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya.

Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.~ Hamka

Kata-kata cinta yang lahir hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga, manakala kata-kata cinta yang lahir dari hati yang ikhlas mampu untuk mengubati segala luka di hati orang yang mendengarnya.

Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya

Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.

Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.

Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh.

Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. (Dale Carnagie)

Aku Masih Kuat

Pria paruh baya yang duduk di hadapanku mulai bercerita dengan serius, setelah kami berdua berkelakar kesana kemari. Dia bercerita tentang persoalan dalam keluarganya. Memang dari segi usia, aku masih jauh lebih muda darinya, namun sebagai sesama kepala keluarga kami mungkin mempunyai persoalan yang hampir sama. Beberapa tahun yang lalu dia menderita sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Ada gumpalan lemak di jantungnya, yang harus disedot keluar. Setelah menjalani perawatan secara intensif, akhirnya dia dinyatakan sembuh total dan menurut dokter, dia dapat beraktifitas seperti biasanya.

Namun lain halnya dengan pandangan istri dan anak-anaknya. Istilah penyakit jantung membuat mereka ketakutan, sehingga sekalipun si bapak sudah sembuh, namun mereka memberikan perlakuan yang sangat berbeda dengan saat sebelum sakit. Istri dan anak-anaknya benar-benar menjaga agar ‘sakit jantung’ sang bapak tidak kambuh lagi. Sejak saat itulah persoalan demi persoalan mulai muncul. Persoalan pertama ketika dunia kerjanya ditutup. Dia tidak lagi dapat bekerja seperti dahulu lagi, pekerjaan itu dianggap anak dan istrinya terlalu berat baginya. Dia sempat mengalami stress berat karena dunia pekerjaan yang selama ini digelutinya dengan sepenuh hati, dia lakukan dengan penuh kesungguhan karena memang dia sangat gemar di dunia itu, harus berakhir. Tubuhnya terasa lemas, dan dia tak tahu lagi apa yang harus dia pikirkan. Hari demi hari menjadi aliran waktu yang berjalan sangat lamban dan menyiksa dirinya. Dalam keadaan seperti itu, hal-hal kecil kemudian menjadi pemicu persoalan lain.

Di satu sisi, dia merasa bahwa dirinya masih kuat, masih ada tanggung jawab yang harus ditanggungnya. Masih ada anak-anak yang masih sekolah dan membutuhkan biaya untuk itu. Namun dunia seolah memandangnya sudah jompo dan tak mampu berbuat apa-apa. Di sisi lain, dia memahami bahwa apa yang dilakukan istri dan anaknya dalah karena mereka mencintai dan menyayangi dirinya. Namun, kasih sayang itu menjadi ikatan yang membelenggu setiap geraknya, dan menyiksa batinnya. Pernah suatu saat dia sagat marah, ketika sang istri menyuruh anaknya untuk menyiapkan air panas untuk mandi bapaknya. Perasaan tak berarti, lemah, dan harus dilayani dalam segala hal, membuat dia marah dan terjadilah percekcokan. Hari demi hari berlalu dengan persoalan yang sama dan selalu sama.

Kondisi yang terus menekan, membuatnya kembali sakit. Namun bukan sakit jantung tetapi dia harus menjalani perawatan psikiater. Lambat laun konsultasi dengan psikiater membuatnya sedikit lebih ringan dan mau menerima kenyataan diperlakukan berbeda dengan dahulu.

Pria itu berhenti bercerita, dan kulihat pandangannya seolah menjenguk masa ketika dia bebas beraktivitas. Dari ceritanya, mendapatkan kesimpulan yang sungguh sangat menarik untuk kurenungkan. Menjadi tidak berarti, kehilangan fungsi, sungguh menjadi saat yang paling menyiksa dalam hidup ini. Aku berharap ketika hal itu harus terjadi padaku, anak-anakku sudah dapat hidup mandiri.

Malam menjelang tidur, aku mengambil kitab suci dan kubuka lembar demi lembar tanpa kubaca. Setelah lelah membolak- balik lembar demi lembar, kitab suci itu kututup lagi. Aku menatap ke arah langit-langit kamar, dan kulihat titik hitam menempel pada langit-langit. Titik hitam itu kecil di tengah warna putih eternit. Hitam, kecil dan tak berarti di dalam bentangan warna putih yang mengelilinginya. Hitam, kecil dan menjadi noda yang membuat kotor eternit yang putih bersih.Noda itu menyadarkan diriku akan kehidupanku sendiri. Adakah aku berati di dalam bentang kebesaran Allah? Pikiranku melayang jauh, membentuk ruang tanpa batas yang membuat diriku sendiri sama sekali tidak tampak. Sampai pada batas antara sadar dan tak sadar, sekilas tampak olehku bayangan Salib yang tergantung di dinding kamar. Ada sosok tergantung di sana, Yesus. Dia telah melakukan pengorbanan untuk mengungkapkan bahwa hidup ini penuh arti. Aku tersentak bangun dan duduk di pembaringan. Bayangan yang hanya sekilas itu membuat kantukku hilang sama sekali. Aku keluar dari kamar, menuju ke kamar mandi untuk mencuci muka. Kuambil rosario dan aku pun berdoa di teras rumah. Tepat ketika aku menyebut nama bapak yang tadi sore bercerita tentang kehidupannya padaku, aku tersenyum dan berbisik, “Hidup kita, sangat berarti bagiNya. Cintailah Dia, maka hidup kita akan semakin berarti.” Aku berharap angin malam membawa bisikanku melayang dan sampai padanya.

Seperti dikutip dalam Ranting Embun edisi 28 Juni 2009

Oleh : G. Garuda Sukmantoro

Dia Sudah Diam


Di rumah itu, suara yang paling dominan adalah suara Dyah. Dia paling banyak bicara, paling banyak berkomentar, dan sepertinya tak ada satupun yang bisa luput dari pendapatnya. Tapi Pak Agus, dan Bu Retno (ayah dan ibunya) dan saudara-saudaranya melihat Dyah sebagai sang penghibur di rumah itu. Tanpa Dyah, rasanya rumah menjadi sepi bagaikan kuburan. Dyah kini diam. Dia diam di dalam pusaranya yang masih baru. Tiga hari yang lalu Paulina Dyah Cahyawati menghembuskan nafas yang terakhir, setelah berjuang melawan virus ganas yang menyerang otaknya selama satu bulan. Hari-hari terakhir kebersamaannya dengan keluarga menjadi saat-saat yang sangat mengharukan.


Ketika dokter sudah menyatakan menyerah, dan menyarankan Dyah yang mengalami koma untuk dibawa pulang, terjadi pertentangan yang hebat anatara ayah dan ibunya. Ayahnya berpikir realistis dan setuju dengan saran dokter, sementara ibunya bersikeras bahwa Dyah tetap harus berada di rumah sakit sampai kapan pun. Beliau akan menjual apapun untuk mempertahankan Dyah dan siap untuk tidak memiliki apapun asalkan Dyah bisa diselamatkan. Bu Retno menunggu sebuah mukjizat untuk mengembalikan Dyah kepadanya.





Pertentangan itu baru berakhir setelah Dyah dinyatakan meninggal. Di depan jenasah Dyah, semua diam. Bayangan Dyah seperti menari-nari di benak mereka masing-masing. Dyah yang cerewet, yang sering usil, yang sok tahu, dan penuh keceriaan masih demikian jelas tingkah lakunya di dalam ingatan mereka. Bu Retno berualang kali pingsan, dan Pak Agus hanya diam dengan mata sembab. Doni dan Riko diam di kamar, entah apa yang mereka lakukan. Saudara-saudara yang datang sibuk mengurus persiapan pemakaman, dan menghibur Bu Retno.

Tiga minggu sudah mulut Dyah diam dan tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Pagi itu mendadak Bu Retno menangis di dalam kamar. Suaminya menduga bahwa istrinya menangis tentu karena ingat pada anaknya, Dyah. Ketika dia mendekat hendak menghibur, istrinya berpaling dan berkata,

“Pak, Dyah menemuiku semalam. Dia tidak berkata apa-apa, dia hanya berdiri dan diam, tapi tubuhnya…menggigil seperti kedinginan. Kasihan dia Pak, kasihan anak kita!” Tangis pun kembali pecah.

“Bu, ibu hanya mimpi. Dyah anak kita sudah tenang bersama Yesus dan Bunda Maria di sorga.”

“Tidak, Pak! Dyah membutuhkan kita. Dia kesepian, tak ada seorang pun di dekatnya, dia menggigil kedinginan dan menatapku meminta pertolongan. kasihan Dyah…Pak! Kasihan anak kita….!”

Pak Agus tak mampu berkata apa-apa lagi, dia memeluk istrinya yang menangis semakin keras. Pintu terbuka, Doni dan Riko yang sudah siap untuk berangkat sekolah, berdiri termangu. Pak Agus melambaikan tangan agar mereka mendekat. Mereka segera melatakkan tas, dan mendatangi ibu mereka. Keduanya memeluk Bu Retno yang masih sesenggukan. Lama kelamaan tangis Bu Retno reda. Suasana hening, semua diam dalam benak masing-masing. Jam dinding di kamar menunjuk pukul 08.30. “Don, dan kamu Riko. Hari ini kalian tidak usah berangkat sekolah, toh sudah terlambat lama. Hari ini kita akan ke makam mbak Dyah.” kata Pak Agus. Doni dan Riko mengangguk, mereka segera beranjak untuk berganti pakaian. Bunga-bunga dan krans masih menggunung di pusara Dyah. Ayah, Ibu, dan adik-adiknya berlutut di sampingnya. Dyah sendiri termangu menatap mereka. Ada yang hendak dia katakan, namun mereka sepertinya tidak mendengar. Hanya ketika mereka mulai berdoa, dia seperti mendengar nyanyian indah yang membuatnya merasa terhibur. Ketika doa rosario mulai berkumandang, sesosok wanita dengan getaran seorang ibu datang menghampirinya, lalu membawanya pergi entah kemana. Namun Dyah yakin, bahwa wanita itu adalah Bunda Maria.

Seperti dikutip dalam Ranting Embun edisi 19 Juli 2009

Oleh : G. Garuda Sukmantoro