Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2012

JAUH DARI ORANG TUA

Gambar
Hayy teman..
di posting kali ini gue mau cerita tentang pengalaman yang saat ini pun masih gue alamin, yaitu MERANTAU.
saat ini gue tinggal sendiri di Daerah Istimewa Yogyakarta buat menuntut ilmu dan mewujudkan cita-cita gue. keputusan merantau dan menetap di Jogja ini adalah pilihan gue. awalnya nyokap dan bokap sempet ngelarang, bahkan sodara dan teman-teman gue juga ragu apakah gue bisa hidup sendirian dan jauh dari orang tua.
aslinya, gue ini anak yang manja banget. semua serba di layanin. beres-beres kamar pun kalau nyokap belum ngomel, pasti gak akan gue kerjain (kecuali kalau gue tiba-tiba terserang virus rajin). tapi, saat itu gue ngeyakinin orang tua gue dan saudara serta teman-teman gue, kalo gue ini udah gede, pasti bisa lah hidup sendiri. walaupun dalam hati juga masih suka bertanya-tanya, apakah gue mampu?.
seiring berjalannya waktu, akhirnya tekad gue benar-benar bulat untuk merantau ke jogja. sesudah lebaran, gue dan keluarga pergi ke jogja, kebetulan gue udah punya kosta…

Tips Mendapatkan Ide

Gambar
“Buka bukan hanya mata dan telingamu, tetapi semua panca indera, dan aktifkan hatimu ketika satu peristiwa, adegan, kalimat menyapa dirimu. bangun Imajinasimu dan tuangkan tanpa menunggu hari esok!” (Asma Nadia).
Hal utama yang diperlukan untuk menulis adalah ide. Terkadang seorang penulis dapat dengan mudah mendapat ide dan banyak juga penulis yang kesulitan mendapat ide. Bagi Sobat yang mengalami hal tersebut, berikut ada tips-tips sederhana yang bisa digunakan untuk memunculkan ide-ide brilian kita :

1. Banyak membaca semakin banyak membaca semakin banyak kita tahu. Seperti itu lah pepatah mengatakan. Dalam proses membaca, seseorang akan aktif berimajinasi. Dalam proses membaca seperti ini bukan tidak mungkin dapat memunculkan ide. Walaupun ide itu sangat sederhana tetapi ketika mampu diramu dengan cara yang berbeda, pasti akan menjadi sebuah tulisan yang menarik.
2. Banyak jalan-jalan (kata orang banyak berjalan banyak yang dilihat) Ini adalah kegiatan simple yang dapat dilak…

10 Tips Ketika Anda Sedang Susah Menemukan Ide Menulis Blog

Gambar
Bagi seorang blogger, apalagi blogger dengan spesifikasi personal blog persoalan ide selalu menjadi semacam misteri. Mau menulis apa hari ini? Topik apa yang bisa dijadikan bahan postingan?
Menulis Blog Nah berikut ini ada terjemahan bebas dari sebuah artikel milik : Jeffrey Baumgartner, seorang seniman pematung yang terkenal pendiri jpb.com. Dengarkan musik dari Johann Sebastian Bach. Jika music Bach tidak bisa membuatmu lebih kreatif maka sepertinya ada yang salah dengan otakmu. Segera temui dokter atau ahli bedah otak, utamanya jika kamu sering menderita sakit kepala, halusinasi atau mimpi buruk di malam hari. Brainstorm. Jika dilakukan dengan benar, brainstorm bisa membantu anda bukan hanya muncul dengan banyak ide segar tapi juga memilih mana yang terbaik. Klik di sini untuk tambahan informasi tentang brainstorm (link berbahasa Inggris) Bawalah selalu catatan kecil dan pulpen atau pensil ke mana saja anda pergi. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya.…

Jenis-jenis Polisi Tidur

Gambar
Polisi tidur, atau gundukan/jeglongan/jeglokan atau apalah sebutannya buat kamu, adalah bagian jalan yang ditinggiin sedikit, dan dikasi warna kayak zebra crossyang gunanya buat memperlambat kendaraan yang ngelewatinnya. Maksudnya sih supaya orang nggak ngebut-ngebut sembarangan di jalan-jalan tertentu gitu, terutama daerah perumahan.
Ngebuat polisi tidur itu nggak boleh sembarangan. Ada aturan dan pengukuran-pengukuran khusus yang musti diikutin untuk ngebuat polisi tiduryang bener. Tapi sayangnya di Indonesia, banyak pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab yangsuka bikin polisi tidur seenaknya, tanpa maksud yang jelas. Coba disimak nih ya,jenis-jenis polisi tidur yang ada di negara tercinta kita ini.
Yang Bener Ini lah yang bener. Bentuknya ngikutin peraturan yang ada, warnanya jelas, nggak ketinggian,nggak kerendahan, nggak membahayakan. Kalomobil/motor kamungelewatin polisi tidur yang ini, cuma jadi pelan aja. Yang begini emang masih ada, tapi jumlahnya sedikit dibandingin samayan…

Memulai Kebajikan Walaupun Kecil

Gambar
Ketika fajar menyingsing, seorang lelaki tua berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati angin laut yang segar menerpa bibir pantai. Di kejauhan dilihatnya seorang anak sedang memungut bintang laut dan melemparkannya kembali ke dalam air.
Setelah mendekati anak itu, lelaki tua itu bertanya heran, “Mengapa engkau mengumpulkan dan melemparkan kembali bintang laut itu ke dalam air?” “Karena bila dibiarkan hingga matahari pagi datang menyengat, bintang laut yang terdampar itu akan segera mati kekeringan, “Jawab si kecil itu.
“Tapi pantai ini luas dan bermil-mil panjangnya,” Kata lelaki tua itu sambil menunjukkan jarinya yang mulai keriput ke arah pantai pasir yang luas itu. “Lagi pula ada jutaan bintang laut yang terdampar. Aku ragu apakah usahamu itu sungguh mempunyai arti yang besar,” Lanjutnya penuh ragu.
Anak itu lama memandang bintang laut yang ada di tangannya tanpa berkata sepatahpun. Lalu dengan perlahan ia melemparkannya ke dalam laut agar selamat dan hidup.” kemudian dengan t…

Kisah Kakek Penjual Amplop

Gambar
Kisah nyata ini ditulis oleh seorang dosenITB bernama Rinaldi Munir mengenai seorang kakek yang tidak gentar berjuang untuk hidup dengan mencari nafkah dari hasil berjualan amplop di Masjid Salman ITB. Jaman sekarang amplop bukanlah sesuatu yang sangat dibutuhkan, tidak jarang kakek ini tidak laku jualannya dan pulang dengan tangan hampa. Mari kita simak kisah “Kakek Penjual Amplop di ITB”.
Setiap menuju ke Masjid Salman ITB untuk shalat Jumat saya selalu melihat seorang Kakek tua yang duduk terpekur di depan dagangannya. Dia menjual kertas amplop yang sudah dibungkus di dalam plastik. Sepintas barang jualannya itu terasa “aneh” di antara pedagang lain yang memenuhi pasar kaget di seputaran Jalan Ganesha setiap hari Jumat. Pedagang di pasar kaget umumnya berjualan makanan, pakaian, DVD bajakan, barang mainan anak, sepatu dan barang-barang asesori lainnya. Tentu agak aneh dia “nyempil” sendiri menjual amplop, barang yang tidak terlalu dibutuhkan pada zaman yang serba elektronis seperti …

10 Foto Terakhir Sebelum Meninggal

Gambar
10. Wiley Post & Will Rogers
Wiley Post adalah seorang penerbang solo pertama yang mengelilingi dunia dengan pesawat terbang bersama seorang teman baiknya Will rogers yang juga komedian terkenal, pelawak dan komentator sosial. Foyo ini ( Will Rogers yang mengenakan Dasi dan Topi yang berdiri diatas sayap pesawat ) diambil pada tanggal 15 Agustus 1935 sebelum berangkat dari Alaska. Ketika pesawat yang mereka tumpangi sudah tinggal landas, sementara pengawas yang berada didarat melihat, pesawat itu hancur karena kegagalan mesin dan menewaskan keduanya
Lapangan terbang yang ada di Alaska sana sekarang dinamai dengan Wiley Post – Will Rogers Memorial Airport.
09. John and Jackie Knill 13 Januari 2005 mayat kedua pasangan asal Kanada tersebut ditemukan di pantai Thailand, mereka berdua adalah korban Tsunami dari sekiannya banyak koraban yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004,seminggu kemudian petugas asal Seattle Amaerika yang sedang mengevakuasi korban Tsunami menemukan kamera digital…

Sahara Yang Misterius

Gambar
Misteri tentang ganasnya gurun pasir memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Misteri inilah yang mendorong si Michael Palin untuk membuktikan kebenarannya. Misteri Saharan walau kedengaran seram, namun tidak pernah mematahkan sema pengembara yang datang dari bebagai pelosok dunia yang merasa tertantang untuk menaklukkan padang pasir atau sahara. Telah banyak aku membaca informasi tentang hal ini ditambah visualisasi lengkap dari video petualangan si Michael Palinlah yang akhirnya memutuskan untuk berbagi informasi ringan tentang mitos padang pasir.
Mendengar kata Padang pasir atau sebagian orang menyebutnya gurun sahara, pikiran kita langsung tertuju kenegara Timur Tengah atau Afrika itu yg sudah sangat kita kenal. Hal ini membuat saya kadang-kadang merenung. Negara yang saya tempati ini selama puluhan tahun belakangan ini (Saudi Arabia) begitu tandusnya, gunung-gunung, hamparan pasir, semua batu yang tidak memungkinkan tumbuhnya penghijauan ataupun hutan rimba seperti di n…

Van Nistelrooy Tutup Buku dari Dunia Sepakbola

Gambar
Ruud Van Nistelrooy
Kabar mengejutkan datang dari mantan pemain Tim Nasional Belanda, Ruud Van Nistelrooy. Dia memutuskan mengakhiri perjalanan panjangnya di dunia sepakbola.
Pemain berusia 35 tahun itu memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama Malaga yang bakal kadaluarsa akhir musim ini. Keputusan ini memang cukup mengagetkan, pasalnya Malaga sendiri lolos ke Liga Champions musim depan.
Alasan dibalik keputusan mantan punggawa Manchester United itu gantung sepatu adalah karena dirinya merasa sudah tak lagi memiliki stamina mumpuni untuk berlaga di level sepakbola Eropa.
“Kemarin adalah pertandingan terakhir selama karier profesional saya. Kini waktunya gantung sepatu. Saya sudah tidak lagi memiliki stamina yang layak sehingga tidak dapat bermain maksimal,” akunya sebagaimana dilansir Goal
“Saya bangga telah memenangkan berbagai gelar bagi tim dan individu. Ini adalah kepuasan terbesar atas kerja keras saya dari hari ke hari, tahun ke tahun,” ia meyakinkan.
Van Nistelrooy memulai kar…

Cinta tak Pernah Meminta

Gambar
Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.~ Mahatma Ghandi
Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.
Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja.”
Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku tur…

Aku Masih Kuat

Gambar
Pria paruh baya yang duduk di hadapanku mulai bercerita dengan serius, setelah kami berdua berkelakar kesana kemari. Dia bercerita tentang persoalan dalam keluarganya. Memang dari segi usia, aku masih jauh lebih muda darinya, namun sebagai sesama kepala keluarga kami mungkin mempunyai persoalan yang hampir sama. Beberapa tahun yang lalu dia menderita sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Ada gumpalan lemak di jantungnya, yang harus disedot keluar. Setelah menjalani perawatan secara intensif, akhirnya dia dinyatakan sembuh total dan menurut dokter, dia dapat beraktifitas seperti biasanya.
Namun lain halnya dengan pandangan istri dan anak-anaknya. Istilah penyakit jantung membuat mereka ketakutan, sehingga sekalipun si bapak sudah sembuh, namun mereka memberikan perlakuan yang sangat berbeda dengan saat sebelum sakit. Istri dan anak-anaknya benar-benar menjaga agar ‘sakit jantung’ sang bapak tidak kambuh lagi. Sejak saat itulah persoalan demi persoalan mulai muncul. Persoalan pertama k…

Dia Sudah Diam

Gambar
Di rumah itu, suara yang paling dominan adalah suara Dyah. Dia paling banyak bicara, paling banyak berkomentar, dan sepertinya tak ada satupun yang bisa luput dari pendapatnya. Tapi Pak Agus, dan Bu Retno (ayah dan ibunya) dan saudara-saudaranya melihat Dyah sebagai sang penghibur di rumah itu. Tanpa Dyah, rasanya rumah menjadi sepi bagaikan kuburan. Dyah kini diam. Dia diam di dalam pusaranya yang masih baru. Tiga hari yang lalu Paulina Dyah Cahyawati menghembuskan nafas yang terakhir, setelah berjuang melawan virus ganas yang menyerang otaknya selama satu bulan. Hari-hari terakhir kebersamaannya dengan keluarga menjadi saat-saat yang sangat mengharukan.

Ketika dokter sudah menyatakan menyerah, dan menyarankan Dyah yang mengalami koma untuk dibawa pulang, terjadi pertentangan yang hebat anatara ayah dan ibunya. Ayahnya berpikir realistis dan setuju dengan saran dokter, sementara ibunya bersikeras bahwa Dyah tetap harus berada di rumah sakit sampai kapan pun. Beliau akan menjual apapun…