Tips Mendapatkan Ide


“Buka bukan hanya mata dan telingamu, tetapi semua panca indera, dan aktifkan hatimu ketika satu peristiwa, adegan, kalimat menyapa dirimu. bangun Imajinasimu dan tuangkan tanpa menunggu hari esok!” (Asma Nadia).

Hal utama yang diperlukan untuk menulis adalah ide. Terkadang seorang penulis dapat dengan mudah mendapat ide dan banyak juga penulis yang kesulitan mendapat ide. Bagi Sobat yang mengalami hal tersebut, berikut ada tips-tips sederhana yang bisa digunakan untuk memunculkan ide-ide brilian kita :


1. Banyak membaca
semakin banyak membaca semakin banyak kita tahu. Seperti itu lah pepatah mengatakan. Dalam proses membaca, seseorang akan aktif berimajinasi. Dalam proses membaca seperti ini bukan tidak mungkin dapat memunculkan ide. Walaupun ide itu sangat sederhana tetapi ketika mampu diramu dengan cara yang berbeda, pasti akan menjadi sebuah tulisan yang menarik.

2. Banyak jalan-jalan (kata orang banyak berjalan banyak yang dilihat)
Ini adalah kegiatan simple yang dapat dilakukan. Ide dapat muncul di mata dan telinga. Bahkan ide dapat muncul ketika di dalam angkot sekali pun.

3. Banyak silaturahim
Termasuk salah satu cara mudah yang dapat digunakan untuk mendapat sebuah ide. Kita bisa menuliskan kisah-kisah hidup atau pengalaman seseorang. Di sisi lain, banyak orang yang senang dan bahkan bangga ketika kisah atau pengalamannya dimuat di surat kabar atau majalah.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapat sebuah ide tulisan. ketika mendapat sebuah ide, ada baiknya sobat langsung tulis di dalam sebuah catatan. Ide yang sudah dituliskan di dalam catatan, tentu dapat kita kembangkan tanpa harus bersusah payah mengingat atau mencari ide lain.
Dalam proses kita menjadi seorang penulis, membawa sebuah catatan dan pensil bisa jadi adalah hal yang lazim agar kita tidak kehilangan ide-ide brilian kita.

Postingan populer dari blog ini

Nama Panggilan Untuk Pacar Unik Tapi Mesra

Sebuah Kisah Nyata Tentang Perjuangan CINTA