Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Selasa, 03 Mei 2011

Fakta Unik ! Ternyata Gajah Takut Semut



Banyak orang yang mengatakan bahwa gajah takut dengan tikus. Setelah diteliti, pernyataan tadi salah. Gajah ternyata lebih takut dengan semut, binatang yang lebih kecil dari tikus.

Ilmuwan yang menenliti hal ini menemukan sebatang pohon akasia (Acacia drepanolobium) di Afrika jarang sekali disentuh apalagi dimakan oleh gajah. Padahal seekor gajah yang sedang menahan lapar langsung menyantap pohon yang ada di depannya.


Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata pohon itu digunakan sebagai sarang adri ribuan semut. Para ilmuwan menjadi semakin percaya bila gajah takut dengan semut bukan tikus. Mereka lebih percaya ketika melakukan percobaan dengan mencabut pohon kesukaan gajah, yaitu sebangsa A. Melifera, dan diberi sarang semut. "Hasilnya mengejutkan, gajah menghindari pohon-pohon itu seperti anak kecil menghindari brokoli," ujar Prof. Todd Palmer, profesor yang ikut dalam penelitian itu.

Mereka menyatakan bahwa belalai gajah penyebabnya. Belalai hewan ini sangat sensitif karena di dalamnya terdapat banyak syaraf. Maklum apabila gajah menjauhi semut. "Sehingga tampaknya gajah tidak suka bila semut-semut ini masuk ke dalam belalainya, jadi mereka tidak bisa disalahkan kalau takut semut," kata Palmer. Menurut para peneliti ini, gajah mengetahui keberadaan semut di sebuah pohon lewat baunya.