Pencetak Gol Pertama Piala Dunia Meninggal Di Hari Ulang Tahun


SEJARAH sepak bola Bert (4 November 1909-4 November 1974) tidak panjang, Berkarier sebagai pesepak bola profesional pada periode 1928 sampai 1936, Patenaude cuma berkesempatan tampil sebanyak empat kali membela timnas dan mencetak enam gol untuk AS. Dia pun meninggal dunia, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-65, yaitu 4 November 1974. Meski pendek tapi catatan Patenaude membekas begitu panjang.
Ceritanya begini, ketika dipanggil masuk Timnas AS di Piala Dunia perdana di Uruguay pada 1930, ia mencetak empat gol dalam tiga pertandingan, termasuk hat-trick ke gawang Paraguay. Gol kedua Patenaude memang ditanggapi berbeda oleh sejun lah kalangan. Ada yang menyebutnya gol bunuh diri atau dicetak oleh pemain AS lainnya, Thomas Florie.
Namun, pada 10 November 2006, FIFA mengakhiri kontroversi panjang itu dengan menegaskan Patenaude adalah pencetak hat-trick pertama dalam sejarah Piala Dunia. Keputusan FIFA 10 November 2006 lalu, itu berdasarkan penyempurnaan buku rekor yang akhirnya mengakhiri kontroversi, memberikan "penghargaan itu sebagaimana mestinya" kepada Patenaude.
Tiga gol yang dicctaknya dalam kemenangan AS 3-0 atas Paraguay, di Montevideo, Uruguay, pada 17 Juli 1930, dua hari sebelum pemain Argentina Guillermo Stabile membuat hat-trick, kata FIFA. Memang, sebelum adanya maklumat FIFA, Guillermo Stabile lah yang dianggap sebagai pencetak hat-trick pertama berkat gol-golnya pada 19 Juli 1930 ketika menang 3-0 atas Meksiko.
FIFA mengatakan, pengakuan hat-trick Patenaude berdasarkan bukti-bukti dari ahli sejarah dan pengggemar sepakbola, serta riset panjang dan konfirmasi dari Federasi Sepakbola AS. Dalam pcmbctulan lainnya, Oldrich Nejedly asal Cekoslowakia kini diakui mencetak semua ketiga gol bagi negaranya dalam kemenangan 3-1 atas Jerman pada semi-final Piala Dunia 1934 di Italia. Hingga kini dalam buku rekor dicantumkan Nejedly mencetak dua go seal.
Dengan total baru lima gol kini menjadikan Nejedly sebagai pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia 1934, diatas Edmund Conen (Jerman) dan Angelo Schiavio (Italia), masing-masing dengan empat gol.

Postingan populer dari blog ini

Nama Panggilan Untuk Pacar Unik Tapi Mesra

Sebuah Kisah Nyata Tentang Perjuangan CINTA