Tips Mengikuti SNMPTN / UNMPTN

SNMPTN adalah saringan masuk perguruan tinggi negeri. Seperti kita tahu, dapat melanjutkan pendidikn perguruan tinggi yang berkualitas tentunya menambah jaminan masa depan anda maupun putra anda. Perguran Tinggi Favorit ataupun Fakultas Favorit menjajikan lapangan kerja yang dapat mendatangkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Sebut saja Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Perminyakan, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Akuntansi, ataupu Fakultas Hubungan Internasional. 
Untuk menembus fakultas-fakultas favorit di perguruan tinggi negeri yang cukup ternama tidaklah mudah.


Kita harus bersaing dengan puluhan ribu orang dari seluruh Indonesia dalam SNMPTN. Tahun lalu saja, kursi fakultas kedokteran UGM diperebutkan oleh lebih dari 13.000 calon mahasiswa, padahal daya tampungnya hanya sekitar 100 orang. Untuk menghadi kerasnya persaingan SNMPTN, maka kita harus mempersiapkan diri dengan baik. Berikut tips menghadapi SNMPTN :

1.Buat jadwal belajar SNMPTN yang teratur, lalu tepatilah
2.Ikutlah bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas intensif SNMPTN
3.Ikutlah try out SNMPTN
4.Belajarlah dari soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya
5.Download soal-soal SNMPTN/ Download soal UMPTN dari internet
6.Banyalah belajar dan berdoa.
Dengan langkah-langkah di atasa, mimpi untuk dapat duduk di salah satu fakultas Favorit perguruan Tinggi Negeri bukanlah suatu impian semu. Usaha keras kita akan terbayar tatkala kita menyaksikan nomor ujian kita di pengumuman hasil SNMPTN
Pandanglah seleksi tersebut sewajarnya. Dan kamu pun perlu kiranya mempertimbangkan kesesuaian bidang-bidang ilmu yang hendak dipelajari di perguruan tinggi yang dituju dengan aspek lainnya, antara lain:
Fokus keinginan primer -> pertimbangkan cita-cita primer pasca lulus nanti, seperti : apakah kebutuhan ekonomis,hasrat belajar dalam bidang sains murni,pengacara,dll.
Fokus bakat -> apakah tehnik, kedokteran,bisnis,dll.
Fokus kemampuan -> baik kemampuan akademik maupun non akademik, termasuk daya dukung ekonomi keluarga.
Fokus keberhasilan dan keamanan -> banyak orang mengkaitkan keberhasilan masa depan hanya dengan favorit atau tidaknya sesuatu jurusan/bidang ilmu yangditekuni. Padahal favoritas jurusan sangat relatif sifatnya. Mungkin bagi kamu, Ekonomi lebih favorit dibanding Hukum, sedangkan teman-teman kamu lebih memfavoritkan Manajemen atau akuntansi. Atau bahkan saat ini Anda beranggapan bahwa hanya tehnik Elektro yang cocok untuk Anda, tetapi setahun kemudian ketika Anda kuliah di Tehnik Elektro mulai merasakan ketidakcocokan. Oleh karena itu, dalam menentukan pilihan Jurusan Anda harus benar-benar mengacu pada kesesuaian dengan tiga fokus di atas. Setelah itu jadilah BEST OF THE BEST dimanapun Anda belajar, karena inilah sebenarnya bekal riil Anda untuk keberhasilan dan keamanan di masa depan.
Fokus positive thinking -> setelah fokus keempat tersebut OK, belajarlah secara sistematis dan kontinyu yang didukung oleh berpikir positif akan kesuksesan yang akan diraih, tentu hanya dengan Kehendak ALLAh semata.Sekali lagi, tiap fokus di atas harus jelas, dan khususnya fokus terakhir tidak perlu dipilih. Ia hanya muncul secara otomatis jika keempat fokus sebelumnya akurat dan didorong oleh keyakinan yang dalam akan Kesempurnaan Kehendak ALLAH dalam mewujudkan segala sesuatunya.


Postingan populer dari blog ini

Nama Panggilan Untuk Pacar Unik Tapi Mesra

Sebuah Kisah Nyata Tentang Perjuangan CINTA