Visit Here!!!!!!!

Translate Here!!!!!!!!!!!!!!

Jumat, 20 September 2013

Hiroshi Yamauchi, Tokoh Besar Nintendo dan Dunia Video Game Tutup Usia

Hiroshi Yamauchi, Tokoh Besar Nintendo dan Dunia Video Game Tutup Usia
Dunia video game saat ini tengah dilanda duka yang mendalam. Baru-baru ini, seorang tokoh terkemuka di dunia permainan digital telah berpulang. Ia adalah Hiroshi Yamauchi, seorang mantan presiden Nintendo yang telah berhasil membawa mesin video game ini menjadi salah satu ikon dunia.

Menurut kabar yang dirilis The Verge, Kamis (19/09/13), Yamauchi meninggal di usia 85 tahun. Ia adalah sosok yang berhasil mengembangkan dan menjadikan beberapa konsol buatan Nintendo, menjadi idola di tengah para gamer di seluruh dunia. Yamauchi adalah tokoh di balik kesuksesan mesin Game & Watch, NES, Game Boy, SNES, N64, dan GameCube.

Namun jasa terbesar Yamauchi adalah ketika ia pertama kali menjabat sebagai presiden pada tahun 1949. Saat itu, Nintendo hanyalah sebuah perusahaan pembuat permainan kartu. Di tahun 1963, Yamauchi memangkas nama Nintendo Playing Cards menjadi “Nintendo” dan memvariasikan produk-produk perusahaan.


Tak banyak yang tahu, Nintendo sempat memiliki beberapa produk dan membangun perusahaan taksi, membangun jaringan televisi, dan juga jaringan hotel di Jepang. Namun pada akhirnya, Yamauchi memutuskan untuk berkonsentrasi di industri permainan pada tahun 1966.

Produk mainan pertama Nintendo bernama Ultrahand, didesain oleh Gunpei Yokoi yang pada akhirnya turut berjasa membangun perangkat Game & Watch dan juga Game Boy. Ultrahand sendiri sebenarnya hanyalah sebuah mainan pribadi. Namun ketika Yamauchi melihatnya, ia memerintahkan memproduksinya secara massal dan memasarkannya di waktu liburan Natal.

Yamauchi akhirnya melepas jabatannya sebagai Presiden Nintendo pada 31 Mei 2002. Satoru Iwata didaulat untuk menggantikan posisinya saat itu. Hingga akhir hidupnya, Yamauchi masih tercatat sebagai pemegang saham terbesar dari perusahaan Nintendo.